5 Tips Agar Anak Doyan Makanan yang Baru Dikenalkan

doktersehat-anak-anak-bermain-makan-sereal-playing-kid

DokterSehat.Com– Anak hanya makan menu yang itu-itu saja dan selalu menolak makanan baru? Mengenalkan makanan baru pada anak memang tidak mudah dilakukan, namun dengan cara pengenalan yang tepat, anak akan cepat “akrab” dengan makanan baru tersebut.

Sangat lazim jika anak hanya doyan makanan yang sudah ia kenal rasanya saja. Namun hal ini tentu tidak boleh terus dibiasakan karena anak juga perlu asupan gizi seimbang dari berbagai jenis bahan makanan.

Pengenalan jenis bahan makanan baru dengan cara yang salah bisa menyebabkan anak enggan dan menolak untuk mengonsumsi kembali makanan tersebut.

Untuk ibu, penting bagi kita untuk mengetahui apa saja cara yang harus dilakukan saat mengenalkan makanan baru pada anak. Beberapa tips yang dianjurkan untuk kita lakukan adalah:

1. Jadilah contoh yang baik

 

Tunjukkan bahwa Anda menikmati mengonsumsi makanan tersebut. Dengan melihat orang di sekitarnya mengonsumsi makanan tersebut maka rasa ingin tahu anak akan muncul dan ada selera untuk mencoba makanan tersebut.

2. Hanya kenalkan satu bahan makanan dalam satu waktu

 

Anak akan lebih mudah mengenal dan menerima bahan makanan jika dikenalkan satu per satu makanan baru, bukan banyak jenis dalam satu kali makan.

3. Berikan makanan baru di awal waktu makan

Saat perut anak masih kosong, anak cenderung mau menerima apa saja yang disajikan. Gunakan kesempatan tersebut agar anak mau merasakan makanan yang baru sehingga anak lebih mengenalnya.

4. Berikan porsi kecil untuk bahan makanan baru

 

Jangan langsung memberikan makanan baru dalam jumlah banyak pada anak. Kenalkan dalam porsi kecil agar anak bisa menikmati rasa makanan baru tersebut.

5. Selalu berikan dan tawarkan makanan baru itu pada anak

Sangat wajar jika anak menolak makanan baru, sehingga terkadang butuh waktu untuk mengenalkan makanan tersebut hingga anak mau menerimanya.

Nah, dengan penerapan kelima tips tersebut, anak akan menerima makanan baru dengan lebih baik sehingga asupan gizi untuk anak juga akan diperoleh dari bahan makanan yang beragam jenisnya. Jadi, selamat mencoba!