Terbit: 21 April 2018 | Diperbarui: 26 April 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Wanita perlu menjaga kesehatan saat hamil, terutama ketika mengalami kehamilan kembar. Jika Anda mengalami kehamilan kembar, berikut ini beberapa hal yang perlu Anda perhatikan ketika mengalami kehamilan kembar.

5 Tips Menjaga Kehamilan Kembar

Tips menjaga kesehatan saat hamilan kembar

1. Perhatikan kebutuhan nutrisi
Dari segi nutrisi, sebenarnya kebutuhan nutrisi saat kehamilan tungal maupun kehamilan kembar tidak jauh berbeda. Anda tidak harus makan lebih banyak dari ibu hamil lainnya hanya karena sedang hamil anak kembar. Namun Anda tetap harus memenuhi kecukupan nutrisi dengan makan buah dan sayuran, makanan kaya protein, produk yang mengandung kalsium seperti susu, keju dan yogurt serta karbohidrat.

2. Perhatikan kenaikan berat badan

Selain memerhatikan kenaikan berat badan janin, ibu juga perlu menjaga kondisi berat badan agar tidak naik terlalu banyak. Umumnya kenaikan berat badan ideal adalah antara 10-20 kg hingga akhir masa kehamilan, termasuk saat hamil kembar. Kenaikan berat badan yang terlalu banyak saat hamil dapat menyebabkan diabetes dan obesitas.

3. Cukup istirahat
Kehamilan dapat membuat Anda cepat lelah, apalagi ketika memasuki trimester ketiga. Sempatkan untuk beristirahat di sela kesibukan Anda saat di kantor. Jika kaki Anda lelah, berbaringlah dengan posisi kaki lebih tinggi untuk mencegah kaki bengkak dan melancarkan peredaran darah serta perbanyak minum air putih.

4. Periksa kehamilan dengan rutin

Kehamilan kembar memiliki riisko tinggi meningkatkan risiko kelahiran prematur, ketuban pecah dini, preeklamsia dan tekanan darah tinggi. Untuk mencegahnya, Anda sebaiknya lakukan pemeriksaan kehamilan dengan rutin. Saat pemeriksaan kehamilan, konsultasikan dengan dokter mengenai metode persalinan yang disarankan, dan perkiraan waktu kelahiran si kecil. Umumnya persalinan prematur bisa dilakukan ketika usia kehamilan menginjak 38 minggu. Selain itu, sebagai persiapan persalinan, Anda juga bisa mulai mencari informasi mengenai teknik menyusui si kembar.


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi