5 Tes Kesehatan yang Wajib Dijalani Wanita

doktersehat-konsultasi-lupus-nyeri-lutut

DokterSehat.Com– Ada banyak penyakit yang diam-diam merusak tubuh tanpa menimbulkan gejala, Itu sebabnya, pemeriksaan medis penting dilakukan untuk memastikan tubuh tetap sehat dan terhindar dari segala penyakit. Bagi wanita yang memiliki gaya hidup yang tidak sehat, disarankan untuk melakukan tes kesehatan, setidaknya setahun sekali.

Berikut ini 5 tes yang wajib dilakukan oleh wanita:

1. Pap Smear

Tes ini dilakukan di daerah kewanitaan dan bertujuan untuk mendeteksi sel-sel abnormal yang dapat berkembang menjadi kanker, tes ini dilakukan pada wanita yang sudah berusia 21 tahun.

2. Mammogram

Idealnya tes ini dilakukan saat wanita sudah berusia di atas 40 tahun, tes ini wajib dilakukan bagi setiap wanita. Tes ini dilakukan dengan menggunakan sinar X level rendah, Tujuannya adalah untuk mendeteksi setiap benjolan atau jaringan di payudara yang berpotensi menjadi kanker.

3. Ovarian Cancer Screening

Anda pasti sudah tahu bahwa kanker ovarium adalah salah satu penyakit yang sangat berbahaya, Kanker ovarium membunuh sekitar 15.000 wanita setiap tahunnya. Untuk itu, pemeriksaan ovarium perlu dilakukan oleh setiap wanita.

4. Tes Penyakit Jantung

Tahukah Anda bahwa penyakit jantung membunuh lebih banyak wanita daripada pria? Untuk itu, setiap wanita wajib melakukan tes jantung dengan elektrokardiografi (EKG) terutama bagi yang mempunyai riwayat keluarga dengan penyakit jantung.

5. Tes Osteoporosis Dengan X-Ray

Tes ini disarankan untuk dilakukan kepada wanita yang berusia di atas 65 tahun, Tujuan dari tes ini adalah untuk mengetahui kepadatan sumsum tulang dan mengetahui potensi terkena osteoporosis.