DokterSehat.Com– Banyak perempuan beranggapan tanda-tanda kehamilan adalah ngidam, mual-mual, atau badan terasa lemas dan lesu. Memang tanda-tanda tersebut adalah tanda kehamilan yang sering dialami para wanita. Namun ternyata, ada tanda-tanda kehamilan lain yang tidak umum dan banyak dirasakan oleh para calon ibu. Apa saja?

doktersehat-testpack-tes-kehamilan

Tanda kehamilan yang sering diabaikan

Dilansir dari laman Kidspot, beberapa tanda kehamilan yang sering diabaikan oleh para perempuan antara lain:

1. Hidung tersumbat
Pernahkah Anda bangun tidur dan tiba-tiba hidung tersumbat padahal tidak sedang pilek? Atau hidung Anda sering mengalami ingus meler?. Jika tidak ada gejala pilek sebelumnya, maka bisa jadi hidung tersumbat atau meler kali ini adalah tanda kehamilan.

Saat hamil, jumlah estrogen semakin tinggi sehingga dapat memicu pembengkakan di membran selaput lendir pada hidung dan menyebabkan produksi lendir lebih banyak. Jumlah darah di tubuh juga meningkat selama kehamilan sehingga dapat mengakibatkan pembengkakan di pembuluh darah kecil di sekitar hidung.

2. Lidah sering mengecap rasa logam
Kondisi ini sering disebut dysgeusia atau kondisi dimana lidah mengalami perubahan rasa saat mengecap rasa makanan atau minuman. Orang yang mengalami dysgeusia umumnya merasa makanan atau minuman yang masuk menjadi rasa logam atau tengik. Kondisi ini dapat membaik dengan sendirinya seiring bertambahnya usia kehamilan.

3. Sering kentut
Meningkatnya hormon progesteron membuat pencernaan melambat sehingga ibu hamil mengalami penumpukan gas di perut. Jangan terburu-buru menganggap gejala ini sebagai gejala masuk angin yang kemudian diobati dengan kerokan. Sebaiknya redakan kondisi ini dengan melakukan olahraga ringan dan banyak minum air putih.

4. Gusi berdarah dan mimisan
Bukan hanya pencernaan Anda saja yang ikut berubah selama hamil. Organ bagian gusi dan mulut juga mengalami perubahan. Perubahan hormon membuat gusi Anda semakin mudah berdarah saat menggosok gigi. Selain itu Anda juga lebih rentan mengalami mimisan karena perubahan pembuluh darah di bagian hidung.

5. Pusing dan limbung
Tekanan darah rendah selama kehamilan dapat memicu pusing dan badan terasa limbung. Hal ini disebabkan oleh perubahan hormon yang menyebabkan perubahan pada ligamen yang berpengaruh pada keseimbangan tubuh. Pada beberapa kasus, wanita hamil juga sering menjatuhkan barang secara tiba-tiba.

Nah Bunda, pernahkah Anda mengalami tanda-tanda kehamilan tersebut?