5 Suplemen Ampuh Untuk Membentuk Otot

Photo Credit : www.freepik.com

DokterSehat.Com– Anda tentu tertarik dengan produk suplemen yang mengklaim mampu membentuk otot tubuh dengan optimal. Ada cukup banyak produk suplemen yang menawarkan manfaat maksimal, namun hanya beberapa suplemen saja yang terbukti mampu mendukung pembentukan otot.

Suplemen yang mampu membentuk otot adalah yang memiliki kandungan gizi yang kerjanya sensitif dengan pembentukan otot selama latihan fisik atau berolahraga.

Menurut Rob Skinner pakar olahraga dari Sport Science Institute kandungan gizi yang mampu membentuk massa otot adalah protein yang diimbangi dengan asupan kalori yang cukup.

Protein dalam jenis yang tepat mampu diserap dengan proses metabolisme tertentu untuk mendukung pembentukan otot lebih maksimal.

Umumnya jenis protein yang digunakan dalam produk suplemen adalah turunan asam amino protein. Beberapa jenis suplemen yang mampu mendukung pembentukan otot, dilansir dari Healthtime.com, adalah:

  1. Kreatin

  2. Kreatin memberikan asupan energi khusus untuk otot dan beberapa jaringan tubuh lain, selain membentuk otot kekuatan otot juga terbentuk.

  3. Suplemen berat badan

  4. Suplemen peningkatan berat badan akan mendukung asupan kalori dan protein yang lebih banyak, sehingga jika diimbangi dengan latihan yang tepat pembentukan otot akan lebih maksimal.

  5. Beta-alanin

  6. Beta alanin merupakan asam amino yang mampu mengurangi rasa lelah dan meningkatkan performa latihan. Dengan latihan yang tepat asupan suplemen beta alanin efektif mendukung pembentukan otot.

  7. HMB

  8. Beta-hydroxy beta methylbutyrate adalah molekul turunan asam amino yang mampu mengurangi pemecahan protein otot.

  9. Suplemen protein khusus otot

  10. Asupan protein tertentu harus lebih banyak dari kebutuhan harian biasa, beberapa bentuk suplemen protein misalnya protein whey dan kasein.

Pembentukan otot yang optimal tentu akan terbentuk jika diiringi dengan latihan yang tepat serta asupan gizi dari makanan yang mampu mendukung pembentukan massa tubuh lainnya dengan lebih baik.

Suplemen pembentuk otot hanya membantu menjaga atau mendukung pembentukan otot, yang paling penting tentu adalah latihan fisik atau olahraga ya.