Terbit: 29 April 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Kita tentu kerap menganggap bahwa makanan yang banyak mengandung protein adalah lauk protein hewani dan protein nabati ya. Namun ternyata ada pula sayur memiliki kandungan protein yang tinggi lho.

5 Sayur Yang Memiliki Kandungan Protein Paling Tinggi

Tidak semua sayur memiliki kandungan protein yang tinggi. Dietitian Christine Mikstas, dari WebMD menyebutkan apa saja sayur yang memiliki kandungan protein paling tinggi:

1. Brussel sprout atau kubis brusel

Sayur yang mirip kubis namun dalam versi mini ini ternyata memiliki kandungan protein yang tinggi lho. Dalam satu porsi kubis brusel terdapat kandungan 2 gram protein. Olahlah dengan makanan hewani, sebagai campuran salad daging ayam atau tumis daging sapi, maka asupan protein Anda akan semakin baik.

2. Jagung

Jagung kerap disebut sebagai sayur berkarbohidrat, namun ternyata kandungan proteinnya juga tinggi yaitu 4 gram protein dalam buah jagung ukuran sedang.

3. Jamur putih

Jamur putih yang direbus memiliki kandungan 3,5 gram protein dalam satu porsi sajinya. Untuk mendapatkan asupan protein yang maksimal maka tambahkan jamur dalam berbagai olahan makanan misalnya mie atau salad.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Sensodyne - Advertisement

4. Brokoli

Dalam satu porsi brokoli terdapat kandungan protein lebih dari 3 gram. Olahan brokoli dengan minyak nabati menjadi salah satu menu yang tepat untuk mendapatkan makanan yang super sehat.

5. Kentang

Sama dengan jagung, kentang termasuk dalam sayur berkarbohidrat yang ternyata juga memiliki kandungan protein yang tinggi. Satu butir kentang ukuran besar memiliki 8 gram protein.

Nah, itu dia lima sayuran yang memiliki kandungan protein paling tinggi. Konsumsi sayuran di atas juga baik karena kita tidak hanya mendapatkan asupan serat namun juga protein yang tinggi.

Selain itu sayuran tinggi protein ini tentu bisa menjadi alternatif asupan protein tambahan untuk diet vegetarian atau kondisi alergi, kan?


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi