Terbit: 21 April 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com – Meski secara fisik sebagian besar tubuh pria lebih kuat dari wanita, mereka masih berisiko terkena penyakit tertentu. Penyakit ini bisa menginfeksi diam-diam dan tidak disadari oleh pria. Dampaknya, saat kondisi tubuh pria lengah, penyakit muncul dan menyebabkan masalah kesehatan yang cukup besar.

5 Risiko Kesehatan yang Masih Menghantui Pria Diam-Diam

Dari berbagai risiko kesehatan yang sering muncul, berikut beberapa hal yang wajib diwaspadai oleh pria.

1. Kesehatan jantung

Jantung adalah organ vital yang sering diabaikan oleh pria begitu pun wanita. Organ ini kerap mengalami penurunan fungsi saat pria memasuki usia 40-an tahun. Masalah yang sering muncul adalah tekanan darah tidak stabil, serangan jantung, hingga gangguan kolesterol yang mengganggu peredaran darah.

2. Penyakit hati

Liver atau hati pada pria bekerja untuk menyerap sari makanan sebelum diedarkan dalam tubuh. Organ ini juga menyerap racun yang masuk sehingga kerap mengalami kerusakan atau penurunan fungsi. Beberapa masalah hati yang kerap dialami pria terdiri dari sirosis, hepatitis, autoimun, kanker, dan gangguan akibat konsumsi alkohol.

3. Diabetes

Diabetes pada pria terjadi karena pola makan yang tidak sehat. Kondisi ini menyebabkan kadar gula dalam darah meningkat dan menimbulkan komplikasi organ lain. Pria yang alami diabetes, tapi tidak dirawat dengan baik biasanya bisa alami gangguan saraf, kerusakan ginjal, serangan jantung, dan stroke.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Cetaphil Promo - Advertisement

4. HIV dan AIDS

HIV dan AIDS tetap berisiko pada pria yang aktif secara seksual. Risiko ini bisa muncul dari mana saja mulai dari penggunaan jarum suntik hingga aktivitas seks yang tidak sehat.

5. Depresi

Seiring dengan penurunan kadar testosteron di dalam tubuh, pria akan mengalami banyak penurunan fungsi tubuh. Kondisi ini diperparah dengan seringnya pria mengalami depresi, cemas, dan tertekan.

Inilah lima risiko kesehatan yang masih menghantui pria diam-diam. Mari lebih waspada dalam menjaga kesehatan!


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi