5 Rasa Sperma yang Harus Anda Tahu

rasa-sperma-doktersehat
Photo Credit: Flickr.com/Healther People

DokterSehat.Com – Boleh atau tidaknya menelan sperma saat berhubungan badan masih menjadi perdebatan di masyarakat. Bagi mereka yang setuju, menelan sperma sah-sah saja dilakukan karena sperma mengandung berbagai nutrisi, sementara kelompok yang lain melarang untuk menelan sperma karena tidak memiliki manfaat apapun. Dibalik perdebatan boleh tidak menelan sperma, tahukah Anda rasa sperma yang sehat?

Mengenal Lebih Jauh Mengenai Rasa Sperma

Apa rasa sperma? itulah pertanyaan yang sering dipikirkan oleh banyak pria. Tentu, rasa sperma hanya bisa dirasakan oleh mereka yang sudah menelannya. Lantas, pertanyaan mengenai rasa air mani pria biasanya hanya bisa dijawab oleh wanita. Kenapa wanita? karena pada beberapa kasus, pasangan pria sering meminta pasangan wanitanya untuk menelan sperma.

Meski tidak menimbulkan masalah kesehatan yang serius, seorang pria yang ingin spermanya ditelan oleh pasangannya harus memastikan tubuhnya sehat dan terbebas dari penyakit menular seksual. Pasalnya, sperma bisa menjadi jalan penularan suatu penyakit.

Perlu diketahui, rasa sperma pada dasarnya didasari oleh zat-zat yang terdapat pada air mani. Komposisi yang terdapat dari air mani adalah 2 % sperma dan 96 % air mani. Zat lainnya adalah frukotsa, natrium bikabonat, fosfor, magnesium, kalium, seng dan vitamin C.

Karena beberapa enzim dan mineral tersebut, rasa sperma dasar sedikit hangat dan asin. Beberapa mengatakan bahwa rasa air mani pria sedikit manis, namun yang lainnya mengatakan rasa hambar. Hal penting yang harus ketahaui dan menjadi faktor yang memengaruhi rasa sperma adalah apa yang Anda makan sehari-hari.

Nah, jika Anda ingin mencoba seperti apa rasa sperma, namun takut mengalami gangguan kesehatan pada tubuh, berikut adalah beberapa jenis rasa sperma yang harus Anda tahu, di antaranya:

1. Pahit

Pada dasarnya sperma memiliki warna dan aroma khas yang sama. Namun, jenis makanan yang sering dikonsumsi oleh pria juga memengaruhi rasa sperma yang dihasilkan. Pria yang hobi merokok, minum kopi, dan alkohol memiliki sperma yang cenderung pahit. Rasa pahit ini muncul dari gangguan pada prostat.

2. Menyengat

Sperma juga bisa memiliki rasa menyengat dan aromanya agak menusuk hidung. Rasa sperma yang cenderung lebih amis ini diproduksi oleh pria yang sering mengonsumsi daging merah, olahan susu, bayam, dan cokelat.

3. Sedikit amis

Pria yang sering minum kopi tapi juga mengonsumsi olahan susu dan daging memiliki aroma sperma yang tidak terlalu amis, tapi rasa sperma nya masih ada unsur pahitnya saat ditelan.

4. Agak asin dan sedikit manis

Pria yang menjalani diet vegetarian memiliki rasa sperma yang lebih ringan meski ada rasa asin dan manisnya. Pria yang hobi mengonsumsi apel dan nanas juga menghasilkan sperma jenis ini.

5. Manis

Pria yang mengalami diabetes memiliki rasa sperma yang manis. Kalau sperma yang dirasakan terlalu manis dan rasa pahitnya sedikit, kemungkinan besar berasal dari pria yang memiliki gula darah tinggi dalam tubuhnya.

Nah, itulah beberapa rasa air mani pria yang harus Anda tahu.

Rasa Sperma yang Sehat

Setelah Anda mengetahui berbagai rasa sperma seperti yang dijelaskan di atas, lantas rasa sperma manakah yang menandakan tubuh dalam kondisi sehat?  Menurut pakar kesehatan, rasa air mani pria hanya ada manis atau pahit agak masam.

Faktor yang menentukan manis atau pahitnya rasa air mani pria adalah asupan yang dikonsumsi. Sperma akan terasa pahit dan agak asam jika pria banyak mengonsumsi produk hewani, terutama daging serta bumbu-bumbuan terutama bawang.

Sementara itu, sari kayu manis dan nanas dapat meningkatkan rasa sperma. Makanan yang mengandung gula tinggi cenderung membuat sperma manis. Sedangkan rasa sperma asam muncul saat pria banyak mengonsumsi daging dipicu oleh ketidakseimbangan pH atau kadar asam dalam cairan air mani. Selain itu, jika Anda mengonsumsi alkohol atau menggunakan obat-obatan, maka air mani akan terasa pahit.

Daging sapi dan babi juga bisa membuat rasa sperma terasa pahit dan asin. Bahkan, seorang pria yang mengonsumsi makanan dengan sulfur tinggi seperti brokoli dan kubis, rasa sperma nya akan pahit. Bawang-bawang dan berbagai produk olahan susu juga bisa memengaruhi rasa air mani pria.

Makanan lain yang bisa membuat rasa sperma tidak menyengat adakah mint, lemon, seledri dan rumput gandum. Selain itu, sayuran hijau yang kaya klorofil seperti bayam dan seledri dipercaya bisa mengubah rasa air mani pria menjadi lebih segar dan berdampak positif pada kesehatan fisik secara keseluruhan.

Melihat Kualitas Sperma Sehat

Setelah Anda mengetahui penjelasan lengkap mengenai rasa sperma, perlu Anda ketahui juga bahawa sperma sehat merupakan salah satu faktor penting dalam menentukan kesuburan pria. Berikut adalah beberapa kriteria yang menentukan kualitas sperma sehat, di antaranya:

  • Kemampuan bergerak

Guna mencapai sel telur, sperma harus bergerak lincah dan melintasi beberapa bagian dari organ reproduksi wanita. Minimal 25 persen dari jumlah sperma harus memiliki gerakan maju yang cepat dan 40 persen dari sperma dalam air mani mampu bergerak

  • Jumlah keseluruhan

Jumlah sperma yang terlalu sedikit akan sulit untuk menyebabkan hamil. Pada umumnya, tiap 1 ml air mani yang dikeluarkan seorang pria mengandung sekitar 15 juta sperma.

  • Bentuk sperma

Sperma normal memiliki ciri kepala yang berbentuk lonjong dan ekor yang panjang untuk mendukung gerakan ke depan. Oleh karenanya, minimal 30 persen dari jumlah total sperma harus berbentuk normal.

Bentuk sperma yang tidak normal adalah kepala besar, meruncing, ekor bengkok atau bercabang dua. Kondisi inilah yang bisa mengurangi kesuburan pria.