Terbit: 8 April 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Menyiapkan bekal anak memang susah-susah gampang. Umumnya kita memilih bahan makanan yang praktis saat memberikan bekal untuk anak. Sayangnya kebanyakan bahan makanan yang praktis cenderung tidak sehat, untuk itu penting bagi kita memilih bahan makanan yang tepat dan sehat untuk anak.

5 Pilihan Makanan Sehat Untuk Bekal Anak

The Australia Nutrition Foundation memberikan lima pilihan makanan sehat yang bisa kita pilih dalam memberikan bekal untuk anak, diantaranya:

1. Makanan berkarbohidrat utuh

Roti gandum utuh bisa menjadi pilihan yang praktis dan sehat untuk bekal anak. Kandungan energi yang tinggi serta serat yang ada pada gandum utuh akan mendukung pemenuhan kebutuhan dan membuat anak lebih kenyang sehingga anak fokus dalam menjalankan aktivitasnya.

2. Buah-buahan segar

Tentu tidak sulit menyiapkan buah untuk bekal anak. Pisang, pepaya atau apel bisa menjadi pilihan yang tepat untuk bekal anak. Selain manis dan segar, buah-buahan menjadi makanan yang kaya akan vitamin dan mineral yang baik untuk kebutuhan gizi anak.

3. Sayur

Pilih sayur yang mudah diolah misalnya wortel, buncis atau jagung manis sebagai isi kotak bekal anak. Potong sayur menjadi olahan salad atau sajikan sebagai isi roti gandum maka bekal anak akan kaya serat dan mengenyangkan.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Kids Baby - Advertisement

4. Susu, keju atau yoghurt

Ketiga bahan makanan di atas tentu menjadi pilihan yang tepat untuk bekal anak. Selain disukai anak-anak susu, keju atau yoghurt merupakan bahan makanan tinggi kalsium yang penting untuk pertumbuhan tulang anak.

5. Telur

Telur menjadi salah satu bahan makanan yang bisa diolah dengan banyak variasi. Sajikan telur sebagai bekal anak untuk sumber protein tubuhnya sehingga kebutuhan tumbuh kembang anak akan terpenuhi serta energinya tercukupi untuk menjalani hari.

Nah, itu dia lima pilihan makanan untuk bekal anak, jadi kini Anda tidak bingung lagi kan menentukan bekal sehat untuk anak?


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi