Terbit: 25 Maret 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Sudahkah Anda mengecek berapa besar risiko sindrom metabolik Anda? Sindrom metabolik menjadi indikator kesehatan yang tepat dan sensitif untuk mengukur kesehatan kita secara umum. Besar kecilnya risiko sindrom metabolik kita dipengaruhi oleh banyak hal, salah satunya adalah makanan.

5 Pilihan Makanan Cegah Sindrom Metabolik

Pemilihan makanan yang tepat akan mendukung berkurangnya risiko sindrom metabolik pada tubuh kita. Hal ini tentu saja terjadi karena makanan adalah salah satu aspek penting yang berpengaruh pada tekanan serta kadar darah dalam tubuh kita

Sehingga, kita perlu tahu apa saja makanan yang tepat untuk kita konsumsi agar terhindar dari metabolik sindrom. Menurut Nutrition Society India, pilihan makanan agar terhindar dari metabolik sindrom adalah:

  1. Makanan yang tidak diproses atau bukan makanan kemasan

  2. Penyebab utama metabolik sindrom adalah makanan yang kemasan yang banyak diproses, misalnya biskuit, minuman kemasan, minuman berenergi atau saus. Untuk itu kita dianjurkan mengonsmsi makanan dalam bentuk segar dan minimal pemrosesannya.

    - Iklan -
    Iklan DokterSehat Farmaku Darlie - Advertisement

  3. Makanan yang berasal dari tanaman (plant based food)

  4. Kacang-kacangan, buah dan sayur dalam bentuk segar merupakan pilihan tepat untuk mencegah sindrom metabolik. Tingkatkan jumlah asupannya dalam setiap kali kita makan.

  5. Gunakan minyak yang berasal dari tanaman

  6. Minyak zaitun dan minyak biji bunga matahari adalah jenis minyak yang dianjurkan karena rendah lemak jenuh. Minyak yang berasal dari hewan, misalya mentega terbuat dari lemak hewani sehingga sebaiknya dihindari.

  7. Pilih bumbu alami, kurangi garam,gula dan bumbu kemasan

  8. Tentu kita sudah tahu bahwa garam dan gula harus dibatasi. Gunakan bumbu alami atau rempah-rempah jika ingin menambahkan cita rasa alami. Selain rendah kandungan natrium dan garam, beberapa bumbu dan rempah memiliki senyawa yang bisa bermanfaat untuk tubuh sebagai pangan fungsional.

  9. Pilih makanan yang rendah lemak saat makan di luar rumah

  10. Saat makan di restoran kita cenderung memilih makanan yang gurih dan umumnya banyak yang menawarkan penggunaan minyak. Ubah kebiasaaan tersebut dengan memilih menu yang rendah penggunaan minyak misalnya makanan yang direbus, kukus atau panggang.

Pilihan makanan untuk mencegah sindrom metabolik cukup mudah kita terapkan. Jadi Anda akan memulai pilihan yang mana dulu?


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi