Terbit: 19 Maret 2018 | Diperbarui: 27 Maret 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com – Seiring dengan bertambahnya usia, pria juga mengalami penuaan pada tubuhnya. Tenaga pria akan menurun perlahan-lahan karena ketahanan dan masa ototnya berkurang. Lebih lanjut, kadar testosteron juga menurun dan memengaruhi kemampuan seksual dan reproduksi.

5 Perubahan pada Penis Saat Pria Mulai Tua

Terakhir dan yang paling menjadi perhatian banyak pria adalah perubahan pada penis. Kira-kira apa yang berubah dari penis saat pria mulai beranjak tua, berikut ulasan selengkapnya.

1. Ukuran penis berubah

Seiring dengan bertambahnya usia, metabolisme pada pria akan menurun. Kondisi ini menyebabkan mereka lebih banyak menimbun lemak ketimbang otot. Pria akan lebih gendutan saat tua khususnya di area perut bawah.

Akibat penambahan lemak yang cukup banyak ini pria akhirnya mengalami penurunan ukuran penis. Sebenarnya ukuran penis tetap, tapi tertimbun lemak sehingga kelihatan lebih kecil.

2. Kulit penis akan kendur

Seperti halnya kulit yang ada di wajah, kaki, tangan, dan perut, penis pun juga ikut kendur. Kondisi ini bisanya terjadi saat pria berusia 40 tahun ke atas.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Darlie - Advertisement

Oh ya, meski kulit penis kendur, pria usia ini masih bisa aktif secara seksual. Mereka juga masih bisa menghasilkan keturunan saat berhubungan badan dengan pasangannya.

3. Penis kurang sensitif

Ujung penis atau glans biasanya sensitif khususnya mereka yang tidak sunat. Kondisi ini lambat laun akan menurun seiring dengan berjalannya usia sehingga pria akan semakin susah dirangsang.

4. Penis bengkok

Kekenduran penis juga berdampak pada otot yang menyangga bagian bawahnya. Aktivitas seks yang dilakukan selama ini bisa membuat penis bengkok ke kiri atau ke kanan.

5. Ada kemungkinan impotensi

Pria yang sudah tua biasanya kenyang pengalaman dan memiliki penumpukan penyakit dalam tubuh. Kondisi ini menyebabkan penis bisa mengalami disfungsi ereksi khususnya pada pria berusia 60 tahun ke atas.

Kita tidak bisa mencegah kapan saja penis jadi tua, tapi kita bisa menjaganya dari awal agar efeknya di kemudian hari tidak mengganggu kesehatan secara menyeluruh.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi