Terbit: 24 Agustus 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com – Dibandingkan dengan pria, wanita lebih sering mengalami kekurangan darah dan juga penurunan tekanan darah. Penurunan tekanan darah menyebabkan wanita mengalami badan lemas serta lesu untuk melakukan kegiatan hariannya.

Doktersehat-penyebab-darah-rendah

Tekanan darah dikatakan rendah ketika kurang dari 90 mmHg pada sistolik atau 60 mmHg pada diastolik. Normalnya, orang berusia di bawah 60 tahun memiliki tekanan darah kurang dari 140/90 mmHg, dan di bawah 150/90 mmHg untuk usia di atas 60 tahun.

Guna menanggulangi atau mencegah terjadinya penurunan tekanan darah pada wanita, sebaiknya Anda harus mengetahui penyebab darah rendah, antara lain:

1. Dehidrasi

Pada umumnya, tubuh orang dewasa membutuhkan setidaknya 8-10 gelas air dalam sehari. Jika kebutuhan cairan tubuh ini tidak tercukupi, maka Anda akan mengalami dehidrasi. Dehidrasi pada wanita bisa menjadi penyebab tekanan darah rendah.

Selain itu, penurunan tekanan darah pada wanita juga bisa memperburuk kerja dari organ. Kalau kondisi ini tetap terjadi berulang-ulang, gangguan kesehatan yang lebih parah pada wanita bisa saja terjadi.

baca juga: Atasi Tekanan Darah Rendah dengan Cara yang Mudah Ini

2. Kehamilan

Kehamilan pada wanita biasanya menyebabkan tekanan darah yang cukup tinggi. Bahkan kenaikannya bisa mencapai 5 mmHg untuk sistolik dan diastolik. Pada kondisi tertentu khususnya kehamilan trimester akhir, ibu hamil kerap mengalami penurunan tekanan darah yang menyebabkan mereka sering mengalami pusing.

3. Gangguan fungsi jantung

Wanita yang mengalami gangguan jantung seperti jantung lemah selalu mengalami penurunan tekanan darah rendah. Kondisi ini harus diatasi dengan pengobatan yang teratur agar dampaknya tidak merugikan tubuh.

4. Perdarahan pada tubuh

Dibandingkan pria, wanita lebih sering alami perdarahan khususnya ketika mengalami menstruasi. Setiap bulan, kulit pada rahim akan luruh dan akhirnya keluar dalam bentuk darah.

Selain menstruasi, perdarahan pada wanita bisa terjadi saat melahirkan atau pasca melahirkan. Perdarahan ini adalah penyebab darah rendah pada wanita, kondisi ini membuat tubuhnya lemas, pusing hingga menyebabkan pingsan.

5. Efek obat tertentu

Beberapa obat bisa menjadi penyebab tekanan darah rendah pada wanita. Efek dari penurunan tekanan darah ini mungkin sementara. Akan tetapi, jika Anda terus merasakan tekanan darah yang turun, segera konsultasi dengan dokter.

6. Infeksi darah (Sepsis)

Sepsis terjadi ketika infeksi yang terjadi dalam jaringan mulai memasuki aliran darah. Akibatnya, tekanan darah akan menurun drastis. Kondisi ini mengancam nyawa dan memerlukan penanganan medis dengan segera.

7. Reaksi alergi

Anafilaksis adalah reaksi alergi parah yang berpotensi mengancam nyawa. Kondisi ini dapat menyebabkan rasa gatal yang sangat, sesak napas, dan menjadi penyebab tekanan darah rendah menurun drastis.

8. Penyakit saraf

Penyakit saraf seperti penyakit Parkinson dapat menjadi penyebab darah rendah ketika menjangkiti sistem saraf yang mengontrol fungsi tubuh otonom seperti mengendalikan tekanan darah.

9. Ketidakseimbangan hormon

Penyakit seperti diabetes atau penyakit Addison menyebabkan gangguan produksi hormon. Hal ini bisa berdampak pada keseimbangan kadar air dan mineral tubuh, serta tekanan darah.

baca juga: Apakah Tekanan Darah Rendah Berbahaya bagi Kesehatan?

 

Nah, itulah beberapa penyebab darah rendah pada wanita yang harus Anda tahu. Cara termudah yang bisa dilakukan saat gejala tekanan darah rendah muncul adalah segera duduk atau berbaring, minum air putih dan hentikan semua kegiatan yang sedang dilakukan.

Selain itu, Anda juga bisa mengonsumsi makanan yang kaya akan kandungan garam. Kandungan sodium pada garam bisa menaikkan tekanan darah. Bagi Anda yang berusia lanjut, konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter sebelum menambahkan garam di dalam menu Anda.

Hal penting lain yang tidak boleh dilewatkan adalah rutin periksakan kondisi kesehatan ke dokter untuk mengukur tekanan darah dan memeriksa apakah ada penyakit tertentu yang menjadi penyebab darah rendah.


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi