Terbit: 5 April 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Sering sebal karena merasa berat badan tak kunjung berkurang padahal diet dan olahraga sudah maksimal? Penurunan berat badan memang efektif dilakukan dengan dua cara tersebut, tapi ternyata cukup banyak pula hal sepele lain yang bisa memengaruhi keberhasilan diet lo.

5 Penyebab Sederhana Berat Badan Tak Kunjung Turun

Umumnya kebiasaan sepele kerap tidak kita kira mampu memengaruhi penurunan berat badan, namun hal tersebut secara tidak langsung cukup berpengaruh pada berat badan. Apa sajakah itu?

Dilansir dari WebMD, beberapa hal yang bisa memengaruhi berat badan antara lain:

  1. Jadwal tidur yang tidak teratur, kebiasaan begadang atau terlalu banyak tidur tentu berpengaruh pada kebiasaan makan. Umumnya orang dengan kebiasaan tidur kurang dari 5 jam dalam sehari akan cenderung mengalami kenaikan berat badan.
  2. - Iklan -
    Iklan DokterSehat Farmaku Cetaphil Promo - Advertisement

  3. Kurang minum, berbagai penelitian telah menunjukkan bahwa konsumsi air putih mampu memengaruhi berat badan dan persentase lemak tubuh. Disamping itu, air putih adalah minuman tanpa kalori sehingga konsumsinya dalam jumlah yang cukup bisa membuat perut lebih terisi tanpa menambah kalori.
  4. Sering makan di luar rumah, makanan yang kita beli tentu mempunyai porsi yang umumnya tidak bisa kita kontrol, disamping itu makanan di luar kerap disajikan dengan berbagai pilihan tambahan saus topping bahan tambahan lain yang berkontribusi pada peningkatan kalori tubuh.
  5. Terlalu banyak duduk, belakangan ini banyak penelitian yang menunjukkan hubungan antara kebiasaan duduk, bekerja atau duduk di depan laptop, dengan terjadinya obesitas. Hal ini umumnya berpengaruh pada aktivitas fisik dan pilihan camilan yang tinggi kalori sehingga risiko kegemukan meningkat.
  6. Tidak merencanakan menu makanan, keputusan apa menu yang akan kita makan dalam satu hari perlu direncanakan agar penerapan diet bisa dilakukan sesuai dengan prinsip diet. Tidak adanya perencanaan akan membuat kita mudah tergoda dengan camilan atau menu yang tidak sesuai dengan prinsip diet.

Itu dia lima penyebab berat badan tubuh tidak kunjung turun, kira-kira penyebab nomor berapa yang sering Anda alami?


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi