Terbit: 23 Maret 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com – Selain mengalami iritasi hingga mengeluarkan cairan mirip nanah, penis juga bisa mengalami gangguan berupa bintik-bintik. Pada bagian batang dan juga kepala, bintik-bintik merah hingga kecokelatan muncul dan mengganggu performa penis.

Waspada, 5 Penyebab Munculnya Bintik-Bintik pada Penis

Nah, kalau penis Anda muncul bintik-bintik yang tidak normal, lima hal di bawah ini mungkin salah satu penyebabnya.

1. Herpes Genitalis

Herpes genitalis menyebabkan bintik-bintik berisi cairan atau nanah muncul pada penis. Permukaan kulit penis yang ditumbuhi bintik nanah ini menimbulkan rasa panas seperti terbakar. Penderita juga mengalami demam, nyeri, dan rasa lemas hingga 2 minggu sebelum akhirnya sembuh.

2. Infeksi Jamur (Balantis)

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Cetaphil Promo - Advertisement

Infeksi jamur berupa balantis biasanya muncul di bawah lipatan glans atau kelapa penis. Bintik-bintik ini kerap berisi nanah yang kalau pecah akan menimbulkan rasa perih sehingga aktivitas seksual pria bisa terganggu.

3. Skabies

Skabies menyebabkan bintik-bintik merah yang berisi cairan bening dan nanah. Infeksi ini disebabkan oleh parasit Sarcoptes scabiei yang ditularkan oleh jenis kutu.

Skabies biasanya menyerang penis khususnya area batang dan juga selangkangan. Rasa gatal muncul setiap hari khususnya saat malam sehingga pria akan sering menggaruk area penisnya dan membuat luka gores yang berujung pada infeksi tambahan.

4. Hirsutis Corona Glandis

Hirsutis corona glandis muncul dalam bentuk bintik-bintik runcing pada penis. Ukuran dari bintik-bintik biasanya diameternya 0,5 cm. Kulit yang terkena gangguan ini biasanya lebih putih dan terletak di area kepala penis.

5. Kutil kelamin

Kutil kelamin disebabkan oleh virus HPV yang menular melalui aktivitas seks vaginal dan oral. Setelah masuk ke dalam tubuh, virus akan hidup di sana sebelum akhirnya muncul dalam bentuk kutil di area penis hingga anus.

Inilah lima hal yang menyebabkan munculnya bintik-bintik pada penis. Dari lima hal itu, mana yang pernah Anda alami? Semoga tidak ada ya!


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi