Terbit: 1 April 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Gigi yang sehat umumnya berwarna putih tulang. Karena itu ketika orang tua mendapati anak-anaknya memiliki gigi kuning, biasanya akan panik. Perlu diketahui bahwa gigi anak memang dapat menguning sama seperti halnya gigi dewasa. Lalu, apa saja penyebab gigi kuning pada anak?

doktersehat-anak-nakal-gigit

Penyebab gigi kuning pada anak

Gigi kuning pada anak umumnya tidak berbahaya, namun hal ini dapat menyebabkan anak menjadi tidak percaya diri di lingkungan sosialnya. Beberapa penyebab gigi anak berwarna kuning, dilansir dari New Kids Center antara lain:

1. Fluorosis
Fluorosis adalah salah satu gangguan gigi yang sangat umum. Gangguan ini disebabkan oleh konsumsi berlebihan fluorida selama pembentukan enamel. Kandungan fluorida dapat merusak sel yang membentuk enamel sehingga membuat gigi tampak kuning.

2. Pengaruh obat-obatan
Penggunaan antibiotik dapat memengaruhi warna gigi seseorang, termasuk anak-anak. Salah satunya adalah antibiotik tetracyline. Namun kini penggunaan antibiotik jenis ini sudah jarang diberikan pada anak-anak.

3. Trauma gigi
Ketika gigi beurbah warna menjadi kuning atau cokelat, ada kemungkinan bahwa gigi pernah mengalami trauma atau kerusakan. Kerusakan ini dapat disebabkan oleh benturan dari luar atau gangguan dari dalam.

4. Makanan dan minuman
Makanan dan minuman merupakan salah satu penyebab umum perubahann warna gigi. Makanan seperti soda, kecap, dan minuman buah-buahan dapat memicu perubahan warna pada gigi. Semakin banyak konsumsi makanan dan minuman yang mengandung zat tambahan dapat menyebabkan perubahan warna gigi. Jika anak Anda sering mengonsumsi makanan tersebut maka sebaiknya batasi konsumsinya.

5. Kebersihan mulut yang buruk
Kebersihan gigi juga dapat memengaruhi kesehatan dan warna gigi. Ketika anak tidak menyikat gigi dengan rutin dan bersih, hal ini memicu munculnya plak dan dapat membuat gigi menjadi kuning.


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi