DokterSehat.Com– Pada beberapa pasangan, mendapatkan anak kedua ternyata tidak semudah mendapatkan anak pertama. Ada beberapa kondisi yang menyebabkan Anda mengalami kesulitan untuk hamil lagi, salah satu nya adalah kemungkinan mengalami infertilitas sekunder.

Masturbasi adalah Hal yang Berbahaya, Benarkah - DokterSehat

Dilansir dari laman cleveland clinic, beberapa penyebab Anda sulit memiliki anak kedua antara lain:
1. Anda perempuan berusia di atas 35 tahun
“Perempuan di usia pertengahan 30 tahun dan lebih tua lebih berisiko mengalami infertilitas sekunder karena penurunan kualitas sel telur,” jelas Dr. Austin, dokter kandungan.

Selain sel telur, perubahan hormon dan risiko untuk tekena penyakit tertentu juga dapat memengaruhi kesuburan. Namun bagi Anda wanita yang berusia pertengahan 30an dan sedang menantikan anak kedua, sebaiknya tetap optimis dan bersabar.

“Hanya karena Anda perlu menunggu lebih lama untuk hamil anak kedua, bukan berarti Anda tidak bisa hamil lagi, hanya saja Anda perlu bersabar,” imbau Dr. Austin.

2. Penurunan kualitas sperma

Kehamilan membutuhkan kualitas sel telur dan sperma yang baik. Sama seperti Anda, sel sperma pasangan Anda juga bisa menurun kuantitas dan kualitasnya karena usia. Kondisi ini dapat diatasi dengan minum suplemen testosteron untuk memperbaiki kualitas sperma.

3. Anda mengalami PCOS
PCOS atau polycystic ovary syndrome adalah ketidakseimbangan hormon yang dapat mengganggu ovulasi. PCOS merupakan penyebab umum ketidaksuburan baik primer maupun sekunder. Jika menstruasi Anda tidak teratur, maka bicarakan dengan dokter Anda untuk mengetahui apakah Anda mengalami PCOS.

4. Obesitas
Semakin bertambahnya usia tubuh semakin mudah untuk menyimpan lemak. Bagi pria maupun wanita, kelebihan berat badan bisa menyebabkan kondisi susah hamil. Saat kegemukan, lemak dapat berkontribusi pada resistensi insulin dan meningkatnya kadar testosteron sehingga menghambat ovulasi.

5. Merokok dan minum alkohol
Pada pria dan wanita, alkohol dan rokok sama-sama dapat menimbulkan gangguan kesuburan. Mengonsumsi alkohol dalam jumlah sedang hingga berat dapat mengurangi kesempatan melahirkan bayi dengan sehat dan menghambat produksi sperma. Sedangkan merokok dapat merusak telur dan menyebabkan masalah ovulasi.

Bagi Anda yang sedang berencana untuk memiliki anak kedua, sebaiknya menjaga kesehatan dan gaya hidup. Jika Anda dan pasangan sudah berusia di atas 35 tahun sebaiknya segera konsultasikan pada dokter kandungan spesialisasi kesuburan.