Terbit: 3 Februari 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Rasa lemas atau lesu bisa muncul karena Anda kurang tidur selama beberapa hari, kelelahan, hingga belum makan selama beberapa jam. Rasa lemas ini akan sirna setelah Anda beristirahat dan mengonsumsi makanan yang bergizi. Tubuh akan kembali segar karena telah beristirahat dengan baik dan mendapatkan asupan energi.

5 Penyakit yang Harus Diwaspadai Kalau Anda Sering Lemas dan Lesu

Kalau lemas yang Anda rasakan tidak kunjung sembuh setelah istirahat atau makan, bahkan terus muncul setiap hari, Anda patut waspada. Tanda-tanda seperti ini bisanya muncul kalau Anda menderita penyakit-penyakit di bawah ini.

1. Diabetes
Badan lemas juga merupakan tanda Anda mengidap diabetes. Pasalnya saat gula darah terlalu tinggi atau terlalu rendah, tubuh akan lemas seketika. Selanjutnya kalau ada radang pada pembuluh darah, tubuh juga ikut lemas. Kalau Anda sering lemas tanpa sebab dan ada riwayat diabetes dari keluarga, segera cek gula darah atau periksa langsung ke dokter.

2. Hipotiroid
Tubuh akan menghasilkan hormon tiroid untuk mengatur banyak proses tubuh seperti pernapasan, detak jantung, suhu bandan, metabolisme, dan berat badan. Kalau kelenjar yang dihasilkan ini menurut signifikan, fungsi organ tubuh akan sedikit menurun sehingga Anda kerap merasakan lemas dan lesu meski tidak melakukan aktivitas berat.

3. Anemia
Anemia atau banyak orang menyebutnya kurang darah adalah keadaan saat darah kekurangan kadar hemoglobin. Dampaknya, darah yang mengalir tidak membawa banyak oksigen ke seluruh tubuh. Saat tubuh tidak mendapatkan asupan oksigen, beberapa organ tubuh tidak bisa bekerja dengan baik dan akhirnya Anda merasakan lemas.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Sensodyne - Advertisement

4. Sleep Apnea
Sleep apnea adalah gangguan pernapasan yang terjadi saat tidur. Seseorang yang mengalami gangguan ini mengorok, susah napas, hingga henti napas mendadak dan membuatnya terbangun. Kalau Anda terus terbangun setiap malam, esok paginya akan kurang tidur dan akhirnya merasakan lemas.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi