5 Penyakit Khas Wanita yang Bisa Menyerang Pria

anoreksia pria doktersehat
Photo Credit: aplus.com

DokterSehat.Com – Beberapa penyakit mematikan atau yang memberikan dampak besar pada tubuh kerap dialami oleh wanita dan pria tidak. Namun, karena beberapa hal tertentu, penyakit itu juga bisa menyerang pria dengan dampak yang sama. Berikut penyakit khas wanita yang juga bisa menyerang pria.

1. Kanker payudara
Kita semua selalu menganggap kalau kanker payudara hanya dialami oleh wanita saja. Namun, kanker yang cukup berbahaya kalau sudah menyebar ini juga menyerang pria. Kanker payudara bisa tumbuh pada dada pria karena pada dasarnya sel pada payudara sama meski jumlahnya tidak banyak. Pria yang alami kanker payudara akan alami sakit pada dada, puting memerah dan bengkak, serta muncul benjolan.

2. Osteoporosis
Saking banyaknya wanita yang alami osteoporosis, kampanye untuk mencegah pengeroposan tulang belakang ini hanya ditujukan pada wanita. Padahal pria juga bisa mengalami osteoporosis saat sudah tua.

Untuk mencegah osteoporosis, biasanya dokter akan menyarankan pria banyak mengonsumsi makanan dengan kandungan kalsium dan Vitamin D.

3. Kelainan saat makan
Wanita cenderung memiliki masalah body image sehingga gangguan makan seperti anoreksia dan bulimia kerap terjadi. Gangguan yang bisa menyebabkan tubuh jadi kurus hingga menyebabkan kematian ini ternyata juga bisa menyerang pria. Kelainan ini bisa terjadi karena pria terobsesi menjadi kurus dan memiliki tubuh ideal.

4. HPV
Selama ini HPV selalu identik dengan wanita karena bisa menyebabkan adanya gangguan pada rahim. Untuk mencegah munculnya penyakit ini, wanita kerap melakukan pengecekan HPV atau melakukan pap smear.

HPV ternyata juga bisa menyerang pria. Bahkan kalau sudah parah, kanker pada kepala penis bisa terbentuk dan mengganggu fungsi seksual dan reproduksi.

5. Migrain
Wanita bisa mengalami migran tiga kali lebih besar daripada pria. Meski demikian, pria tetap bisa mengalami migrain kalau memiliki gaya hidup tidak sehat, mengonsumsi banyak alkohol, dan kurang minum air putih.