Terbit: 4 Mei 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com – Obesitas tidak hanya masalah tubuh besar dan banyak lemak saja. Lebih dari itu, obesitas khususnya yang terjadi pada pria juga merupakan pemicu cukup banyak masalah. Salah satu penyakit yang disebabkan oleh obesitas adalah diabetes. Selanjutnya, lapisan lemak di dalam tubuh yang tinggi menyebabkan gangguan peredaran darah dan kerja jantung.

5 Pemicu Obesitas pada Pria yang Sering Diabaikan

Untuk masalah seksual, obesitas juga mengganggu aliran darah ke penis. Akibatnya, ereksi pada penis tidak bisa berjalan dengan lancar dan pria sering letoi di ranjang. Mengingat obesitas yang sangat berbahaya, kita sudah sepantasnya mencegah penyebab atau pemicunya di bawah ini.

  1. Pola makan tidak benar

Secara umum, pria membutuhkan karbohidrat, protein, dan lemak dalam jumlah yang seimbang. Kalau salah satu dari tiga komponen makronutrien itu lebih banyak misal karbohidrat atau lemak, kegemukan bisa saja terjadi. Dampaknya, tubuh jadi terus mengembang dan tidak sehat.

  1. Jarang olahraga

Olahraga akan membuat pria jadi semakin bugar dan mengurangi lapisan lenak di dalam tubuh. Lapisan lemak akan semakin tinggi kalau pria enggan berolahraga minimal tiga kali dalam seminggu.

  1. Sering tidur larut malam

Sering tidur larut malam atau begadang menyebabkan pria jadi sering lemas setiap hari. Tubuh yang terlalu lemas sering memicu pria untuk makan apa pun tanpa berpikir. Bahkan porsinya cenderung banyak.

  1. Suka sesuatu yang manis

Beberapa pria menganggap kalau minuman bersoda, es teh manis, hingga minuman atau makanan manis lain adalah selingan saja. Namun, meski bentuknya kecil, kandungan gulanya cukup tinggi. Gula adalah bentuk lain dari karbohidrat yang indeks glikemiknya tinggi.

  1. Makan sambil nonton

Makan seharusnya dilakukan dengan tanpa melakukan hal lain. Kalau makan dilakukan dengan lihat televisi atau asyik main game, tubuh akan lambat merespons rasa kenyang sehingga kita jadi sering surplus kalori.

Nah, dari lima hal di atas, mana yang sering Anda lakukan?


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi