5 Pemeriksaan yang Wajib Dilakukan Ibu Hamil

doktersehat-hamil-tes-usg

DokterSehat.Com– Kehamilan merupakan fase hidup yang penting bagi perempuan. Agar menjaga janin tetap sehat, ibu perlu menjaga kesehatan dengan baik dan melakukan pemeriksaan rutin sejak awal kehamilan. Apa saja pemeriksaan yang perlu dilakukan?

Pemeriksaan kehamilan yang perlu dilakukan di awal kehamilan

Bagi Anda para ibu hamil yang baru memasuki trimester pertama kehamilan, umumnya bingung harus melakukan pemeriksaan apa saja di awal kehamilan. Nah, berikut ini uraian singkat mengenai pemeriksaan kehamilan yang bisa Anda lakukan:

1. Pemeriksaan darah
Pemeriksaan darah bertujuan untuk mengetahui kesehatan ibu hamil secara keseluruhan. Melalui pemeriksaan darah, Anda dapat mengetahui kemungkinan gangguan saluran saraf tulang belakang dan mendeteksi kondisi otak janin. Salah satu penyakit yang dapat diketahui melalui pemeriksaan darah janin adalah down syndrome.

2. Pemeriksaan perut
Saat melakukan pemeriksaan perut, Anda dapat mengetahui posisi rahim, pertumbuhan janin, posisi janin, dan kondisi air ketuban.

3. Pemeriksaan tinggi badan ibu hamil

Pemeriksaan tinggi badan oleh ibu hamil bermanfaat untuk mengetahui ukuran panggul ibu. Dengan mengetahui ukuran panggul, Anda dapat mengetahui kemungkinan untuk melahirkan secara normal atau tidak. Jika Anda mengetahui pilihan ini secara dini, Anda dapat menyiapkan diri untuk menjalani operasi caesar dengan baik.

4. Pemeriksaan berat badan

Pemeriksaan ini seharusnya dilakukan rutin setiap Anda melakukan pemeriksaan kehamilan. Pertambahan berat badan yang terlalu banyak maupun terlalu sedikit dapat berpengaruh pada kesehatan ibu dan janin.

5. Pemeriksaan TORCH
Pemeriksaan TORCH meliputi pemeriksaan virus toksoplasma, rubella, cytomegalovirus, dan herpesimpleks. Pemeriksaan ini dilakukan dengan menganalisis kadar imunoglobin G dan M dlaam serum darah ibu hamil. Kadar kedua imunoglobin tersebut dapat mengindikasi ada tidaknya infeksi serta besar kecilnya infeksi.

So, jangan lewatkan pemeriksaan kehamilan di atas ya Bunda!