Terbit: 18 April 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Saat mengonsumsi alpukat, biasanya kita mengonsumsinya sebagai campuran es ya. Padahal alpukat juga sangat cocok dibuat menjadi bahan baku atau tambahan berbagai jenis makanan atau masakan. Apa saja sih olahan yang bisa dibuat dari alpukat?

5 Olahan Makanan Sehat dari Alpukat

Alpukat memiliki kandungan lemak tidak jenuh yang baik untuk tubuh, selain itu kandungan vitamin A dan seratnya cukup tinggi dibandingkan dengan buah lainnya.

Agar tidak bosan hanya mengonsumsi olahan alpukat yang itu-itu saja, maka kini olahlah alpukat menjadi bagian dari makanan Anda.

Dilansir dari Health.com inilah lima olahan masakan sehat dari alpukat:

1. Alpukat goreng

Unik ya? Cobalah membuat alpukat goreng dengan memotong alpukat memanjang, mirip kentang goreng. Lapisi alpukat dengan telur dan tepung, lalu sajikan sebagai makanan pendamping lauk hewani misalnya, ayam goreng atau daging panggang.

2. Salad sayur alpukat

Salad sayur berisi kacang kedelai, jagung pipil, bawang bombai, selada, beberapa potong kentang panggang dan tentu saja alpukat dapat menjadi kombinasi salad sayur yang sehat. Tambahkan dressing dari minyak zaitun, garam dan lada secukupnya. Kombinasi bahan salad di atas adalah kombinasi asupan gizi yang lengkap.

3. Sandwich alpukat

Jika biasanya kita hanya menambahkan tomat dan selada dalam sandwich, maka kini tambahkan irisan alpukat juga ya. Alpukat akan menambah gizi dan tekstur yang khas. Isi sandwich dengan mayones, keju rendah lemak, timun, selada dan tomat. Jangan lupa untuk menggunakan roti gandum. Dijamin sandwich akan menjadi super sehat.

4. Sushi

Alpukat sudah cukup sering diolah menjadi bahan dalam sushi. Pilih atau buat sushi dengan lebih banyak penggunaan alpukatnya agar Anda bisa merasakan manfaat alpukat dengan maksimal.

5. Salad daging dengan potongan mangga dan alpukat

Jika Anda berencana membuat daging panggang atau udang goreng, maka tambahkan salad sayur dari daun selada, alpukat dan mangga untuk pelengkapnya. Kombinasi dari makanan protein hewani, sayur dan buah tersebut tidak hanya menghasilkan rasa yang unik namun juga akan memenuhi kebutuhan gizi dan vitamin da tubuh.

Nah, kini Anda bisa menikmati alpukat dalam berbagai olahan makanan. Anda berencana mencoba olahan nomor berapa?


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi