5 Pengobatan Osteoarthritis Alami yang Bisa Anda Coba

Doktersehat-pengobatan-osteoarthritis

DokterSehat.Com – Menurut survei Badan Kesehatan Dunia (WHO) osteoarthritis termasuk kedalam penyakit sendi degeneratif, sekitar 40% dari penduduk berusia di atas 70 tahun menderita osteoarthritis lutut. Bahkan sebanyak 80% penderitanya mengalami keterbatasan gerak.

Orang yang terserang osteoarthritis susah untuk menggerakkan sendi-sendinya serta geraknya menjadi terbatas karena turunnya fungsi tulang rawan, dengan demikian produktivitasnya akan terganggu. Penyakit ini juga bisa menyerang orang muda dan paling banyak terjadi pada wanita.

Gejala osteoarthritis umumnya berkembang secara perlahan-lahan dan semakin parah seiring waktu. Tingkat keparahan gejala dan lokasi yang diserang bisa berbeda-beda pada tiap penderita.

baca juga: 3 Pilihan Makanan Yang Ampuh Cegah Osteoarthritis

Tanda-tanda yang menunjukkan seseorang mulai terserang osteoarthritis antara lain dimulai dari datangnya rasa sakit pada sendi setelah melakukan aktivitas berat.

Dari rasa sakit tersebut, kemudian lama-kelamaan akan terasa nyeri dan kaku. Jari-jari tangan membesar, terasa sakit, bahkan hingga mati rasa. Selain itu, lutut terasa sakit, kaku dan susah berjalan.

Bahkan, punggung dan tulang belakang pun juga terasa kaku dan sakit. Jika Anda mengalami hal ini, ada beberapa pengobatan osteoarthritis alami yang bisa diterapkan di rumah guna meredakan nyeri dan peradangan sendi, antara lain:

  • Diet

    Salah satu cara utama yang bisa Anda lakukan ketika Anda mengalami gangguan sendi seperti osteoarthritis adalah dengan diet. Berat badan berlebih dan lemak menumpuk adalah tanda-tanda tubuh tidak sehat.

    Karena tubuh terlalu berat, sendi juga bisa mengalami tekanan yang lebih besar daripada mereka yang memiliki berat badan ideal. Bukan hanya itu, Anda juga harus menambahkan makanan kaya kalsium, vitamin D, E dan C yang berfungsi sebagai antioksidan.

    Jika Anda tidak bisa memenuhi makanan kaya vitamin tersebut, Anda bisa mendapatkannya dari suplemen vitamin.

  • Cabai merah

    Jika Anda suka makanan pedas dan menderita arthritis, makan cabai adalah salah satu pengobatan osteoarthritis yang bisa Anda coba karena dipercaya mampu meredakan peradangan sendi.

    Anda bisa mengonsumsi makanan pedas atau cukup digosok pada bagian yang nyeri. Rasanya mungkin panas pada awalnya, namun ini akan memberikan rasa hangat dan menghilangkan nyeri. Jika menggunakan cabai rawit atau merah terlalu panas, Anda bisa mencampurnya dengan minyak zaitun. Lakukan cara ini ketika Anda akan tidur.

  • Paku ekor kuda

    Paku ekor kuda adalah obat osteoarthritis yang bisa Anda coba untuk meredakan nyeri. Paku ekor kuda (Spenopsida) mempunyai percabangan yang memiliki bentuk seperti ular sehingga mirip dengan ekor kuda. Sebagian besar paku Spenopsida tinggal di lingkungan yang ada pasirnya. Anda bisa menjadikannya jus dan diminum setiap hari untuk meredakan nyeri.

  • Kemangi

    Daun kemangi dan keluarga basil lain adalah obat osteoarthritis yang sangat baik meredakan nyeri. Anda bisa menambahkan dalam lalapan atau dijus setiap hari. Jika Anda punya tanaman basil, Anda juga bisa menyeduhnya sebagai teh dan diminum setiap 3 kali sehari.

  • Olahraga

    Selain sejumlah obat osteoarthritis yang sudah dijelaskan sebelumnya, satu hal penting lain yang tidak boleh Anda lupakan adalah olahraga. Bukan berarti ketika sendi Anda sakit, Anda mengurungkan aktivitas untuk berolahraga.

    Justru ketika Anda tidak melatih persendian yang sakit, maka hal itu akan semakin menambah rasa nyerinya. Anda bisa menggerakkan pelan-pelan dan melatihnya setiap hari agar tubuh lebih kuat.

baca juga: Bagaimana Cara Membedakan Nyeri Sendi dan Pegal Linu Biasa?

Pengobatan Osteoarthritis Lainnya

Perlu diketahui, osteoarthritis adalah sebuah kondisi yang tidak bisa disembuhkan. Penanganan yang dilakukan bertujuan untuk mengurangi gejala agar penderitanya bisa tetap beraktivitas dan menjalani kehidupan secara normal.

Gejala dari kondisi ini terkadang bisa berkurang secara perlahan seiring waktu. Berikut ini adalah beberapa hal yang bisa dilakukan untuk meringankan osteoarthritis, di antaranya:

  • Menjalani fisioterapi dan/atau terapi okupasi.
  • Menurunkan berat badan bagi penderita yang mengalami obesitas.
  • Menggunakan alat khusus untuk membantu mengurangi rasa sakit saat berdiri atau berjalan.
  • Mengonsumsi obat osteoarthritis seperti obat pereda rasa sakit (misalnya paracetamol dan obat antiinflamasi nonsteroid), atau obat antidepresan (misalnya duloxetine). Selain itu, obat pereda nyeri topikal yang dioleskan pada bagian yang sakit juga dapat digunakan untuk meredakan nyeri ringan.

Jika langkah-langkah di atas kurang efektif meredakan nyeri serta kondisi sendi yang parah, dokter mungkin akan menyarankan operasi. Prosedur ini dilakukan untuk memperbaiki, memperkuat, atau mengganti sendi agar pasien bisa lebih mudah bergerak