Terbit: 6 Mei 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com – Terlalu sering duduk atau tidur dengan posisi tubuh yang tidak nyaman bisa membuat pria dan wanita mengalami rasa sakit pada punggung. Kondisi ini bisa terjadi karena ada otot yang terlalu capai atau ada saraf atau persendian yang mengalami masalah.

5 Masalah Kesehatan yang Memicu Sakit Punggung pada Pria dan Wanita

Nah, selain beberapa hal di atas, ternyata masalah kesehatan lain yang cukup berbahaya bisa picu sakit punggung dan pinggang atau low back pain. Untuk lebih mewaspadai penyakit berbahaya itu, simak beberapa masalah yang bisa picu low back pain di bawah ini.

  1. Kanker prostat

Letak dari prostat memang berada di belakang penis. Namun, kanker yang terjadi pada prostat bisa memengaruhi kerja dari tulang belakang dan area di sekitar pelvis. Kanker prostat akan menyebabkan pembengkakan pada persendian yang membuat rasa sakit di punggung dan sekitarnya susah diatasi.

  1. Endometriosis

Endometriosis adalah penebalan pada endometrium atau dinding rahim. Penebalan ini menyebabkan kerusakan dan iritasi yang rasanya sangat kuat. Rasa sakit yang kuat ini bisa naik hingga ke area dada dan juga ke area belakang khususnya di sekitar pinggang.

  1. Skoliosis

Skoliosis adalah kondisi tulang belakang yang akan melengkung ke sisi kiri atau kanan. Kondisi ini bisa menyebabkan rasa sakit pada pinggang setiap hari sehingga penderita selalu butuh obat untuk meredakannya.

  1. Lumbago

Lumbago terjadi karena ada pembesaran ligament atau otot di bagian belakang tubuh. Saat mengangkat benda yang terlalu berat, otot dan ligament mengalami kontraksi berlebihan sehingga menyebabkan peradangan dan nyeri pinggang belakang.

  1. Osteoporosis

Osteoporosis menyebabkan gangguan pada tubuh berupa rasa sakit pada pinggang yang tidak berhenti setiap harinya. Rasa sakit ii akan semakin parah jika terjadi patah tulang.

Semoga ulasan tentang low back pain di atas bermanfaat untuk Anda semuanya.


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi