Terbit: 21 Februari 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com – Yoga kerap diidentikkan dengan wanita berbadan bagus yang memakai celana legging dan bisa melakukan aneka gerakan melipat badan. Selanjutnya, yoga kerap dianggap tidak sesuai dengan pria karena pria dengan badan bugar akan susah menekuk tubuhnya atau melakukan gerakan elastis lainnya.

5 Manfaat Yoga untuk Kesehatan Pria

Sebenarnya, yoga bukan hanya olahraga yang diperuntukkan pada wanita saja. Olahraga ini juga cocok untuk pria karena bisa memberikan 5 manfaat di bawah ini.

1. Meredakan stres dan memperbaiki mood
Menurut penelitian yang dipublikasikan di Scandinavian Journal of Work, Environment & Health tahun 2011, pria yang melakukan yoga secara rutin mengalami peningkatan mood yang signifikan. Dengan melakukan yoga selama 60 menit sehari selama seminggu, pria akan terhindar dari rasa depresi, takut, dan krisis percaya diri.

2. Meningkatkan kekuatan dan kelenturan
Menurut Robert Sidoti yang merupakan co-founder dari Broga Yoga, yoga akan membantu pria untuk memiliki ketahanan otot perut, kekuatan otot meningkat, dan kelenturan bertambah sehingga pria jarang sekali alami cedera otot.

3. Meningkatkan seksualitas
Yoga akan membuat stres dari pria menghilang secara perlahan-lahan. Dampak dari keadaan ini adalah lancarnya peredaran darah dalam tubuh sehingga hasrat pria bisa meningkat dan performa di atas ranjangnya semakin baik. Yoga juga membuat pria jadi percaya diri sehingga disfungsi ereksi atau ejakulasi dini bisa diatasi.

4. Mencegah osteoporosis
Pria masih berisiko mengalami osteoporosis meski wanita peluangnya lebih besar. Untuk mencegah osteoporosis, pria disarankan untuk melakukan yoga secara rutin. Olah tubuh ini akan meningkatkan elastisitas pada sendi dan mencegah pengeroposan tulang.

5. Memperbaiki tidur
Menurut studi yang dilakukan oleh RMIT University in Melbourne, Australia menemukan fakta bahwa pria yang melakukan yoga selama 25 menit per hari memiliki kualitas tidur yang baik. Saat melakukan yoga tubuh jadi lebih segar dan tidak ada beban lagi pada kepala.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi