Terbit: 18 April 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Anak dengan autisme umumnya memiliki kesulitan berkomunikasi dengan orang lain. Karena itu diperlukan terapi untuk membantu anak berkomunikasi dan bersosialisasi. Salah satu jenis olahraga sekaligus terapi yang bermanfaat bagi anak autis adalah yoga.



Designed by Teksomolika / Freepik

Manfaat yoga bagi anak dengan autisme

Yoga merupakan salah satu olahraga yang dipercaya dapat meningkatkan kerja otak dengan lebih baik sehingga banyak ahli yang menyarankan anak autisme untuk mengikuti yoga. Beberapa manfaat yoga antara lain:

1. Meningkatkan kemampuan berbahasa dan komunikasi
Beberapa gerakan yoga dianggap dapat membantu kerja otak sehingga anak bisa belajar bicara dengan lebih terstruktur dan mengucapkan kata-kata dengan tepat.

2. Memberi ketenangan pada anak
Anak dengan autisme lebih rentan mengalami kecemasan dan bahkan depresi. Latihan pernapasan dalam yoga dapat membantu menenangkan anak dan membantunya untuk lebih tenang dan fokus.

3. Meningkatkan kemampuan motorik
Anak dengan autisme umumnya memiliki gangguan motorik baik halus maupun kasar. Karena itu anak autis rata-rata mengalami kesulitan dalam koordinasi gerakan, sulit dalam mengatur postur tubuh dan gangguan keseimbangan. Gerakan-gerakan dalam yoga yang banyak fokus pada keseimbangan dan koordinasi tubuh diharapkan mampu melatih dan memperbaiki kondisi tersebut pada anak autis.

4. Mengatasi gangguan pencernaan
Anak yang autis juga rentan mengalami gangguan pencernaan seperti sembelit, diare, sakit perut, BAB berdarah, muntah dan perut kembung atau begah. Beberapa gerakan di yoga dapat membantu pelepasan gas di perut sehingga mampu melancarkan pencernaan.

5. Mengatasi gangguan tidur
Seperti halnya manfaat yoga bagi orang dewasa, anak yang melakukan yoga akan merasa bahwa peredaran darah akan menjadi lebih lancar, tubuh lebih rileks dan dapat tidur lebih nyenyak.

Bagaimana Mom, tertarik untuk mencoba terapi yoga pada si kecil?


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi