15 Manfaat Wedang Jahe Menyehatkan Tubuh Bila Rutin Diminum

manfaat-wedang-jahe-doktersehat

DokterSehat.Com– Saat musim dingin, jahe sangat cocok dijadikan minuman hangat entah itu dalam bentuk wedang jahe atau wedang ronde. Manfaat wedang jahe terutama dapat memberikan kehangatan pada tubuh khususnya saluran pencernaan sehingga kita tidak terganggu dengan udara dingin. Selain dapat menghangatkan, manfaat wedang jahe juga dapat mengobati berbagai kondisi kesehatan hingga menyehatkan tubuh.

Manfaat Wedang Jahe untuk Menunjang Kesehatan Tubuh

Jahe yang diolah menjadi minuman dapat memberikan manfaat besar pada tubuh. Berikut manfaat wedang jahe untuk kesehatan.

1. Mengurangi peradangan

Manfaat wedang jahe yang pertama mampu mengurangi peradangan pada persendian. Kandungan anti-inflamasinya mampu mengurangi dampak rheumatoid arthritis atau rematik secara perlahan-lahan. Orang tua yang berusia 40-60 tahun dan memiliki gangguan ini disarankan untuk mengonsumsi wedang jahe sehari sekali.

2. Menetralkan mual

Saat berada di perjalanan atau kondisi badan sedang tidak fit, tubuh kerap mengalami mual yang susah dihentikan. Untuk mengatasi mual yang cukup parah ini, disarankan untuk mengonsumsi wedang jahe. Manfaat wedang dapat mengurangi mual dan rasa hanya di perut akan membuat Anda mudah tidur.

3. Melancarkan sistem pernapasan

Saat sedang mengalami flu atau batuk, khasiat wedang jahe bisa digunakan untuk meredakan sakit itu. Pilek atau batuk bisa dikurangi sehingga Anda tetap bisa melakukan aktivitas harian dengan tenang.

4. Melancarkan sirkulasi darah

Jahe dibuat menjadi minuman akan memberikan kandungan mineral, asam amino, dan protein. Manfaat wedang jahe dapat melancarkan peredaran darah, karena kandungan tersebut  akan masuk ke dalam pembuluh darah. Saat darah mampu mengedarkan oksigen dan sari makanan ke seluruh tubuh risiko terkena penyakit kardiovaskular seperti jantung dan stroke bisa menurun.

5. Menjaga berat badan

Manfaat wedang jahe yang memberikan rasa hangat juga membantu meningkatkan metabolisme. Seseorang yang sedang menjalani program diet bisa menggunakan jahe untuk mempercepat peluruhan lemak dalam tubuh. Sementara itu mereka yang badannya sudah ideal bisa memanfaatkan jahe untuk menjaga bentuk tubuh.

6. Sebagai antioksidan

Sifat antioksidan jahe dapat membantu mencegah:

  • Penyakit jantung
  • Penyakit neurodegeneratif, seperti Parkinson, Alzheimer, dan Huntington
  • Kanker
  • Gejala penuaan

Antioksidan melawan spesies oksigen reaktif atau reactive oxygen species (ROS), yang menyebabkan stres oksidatif dan merusak sel-sel tubuh. Tubuh Anda secara alami membuat ROS, tetapi beberapa pilihan gaya hidup, seperti minum alkohol dalam jumlah banyak, merokok, atau mengalami stres kronis dapat membuat Anda menghasilkan terlalu banyak ROS. Mengonsumsi makanan dan minuman dengan antioksidan, seperti air jahe, dapat membantu mencegah dan melawan efek samping negatif ROS.

Satu studi menemukan bahwa jahe bisa mencegah atau memperlambat gagal ginjal. Jahe juga dapat memperlambat pertumbuhan tumor, dan satu studi menemukan bukti bahwa jahe dapat membantu mengendalikan beberapa jenis kanker. Jadi, manfaat wedang jahe menjadi paket lengkap untuk kesehatan Anda.

7. Menyeimbangkan gula darah dalam tubuh

Satu studi menemukan bahwa manfaat jahe mengontrol kadar gula darah pada penderita diabetes. Temuan ini dan lainnya menunjukkan bahwa jahe dapat membantu mengobati masalah kesehatan yang disebabkan oleh diabetes kronis.

8. Mengurangi risiko kolesterol

Sebuah penelitian baru menunjukkan bahwa manfaat jahe mengurangi gejala penyakit jantung seperti aktivitas arginase, LDL (kolesterol jahat ), dan trigliserida (yang diuji pada tikus yang memberikan diet tinggi lemak).

9. Menghidrasi tubuh

Mendapatkan manfaat wedang jahe ini sebagian besar karena Anda mengonsumsinya dalam bentuk cairan. Tetap terhidrasi sangat penting untuk mendukung setiap aspek kesehatan. Banyak dari kita tidak minum cukup air setiap hari. jadi, awali hari Anda dengan segelas wedang  jahe, atau cari waktu rutin lain untuk minum satu kali setiap hari yang akan membantu Anda menghidrasi tubuh.

10. Mencegah risiko kanker

Menfaat wedang jahe mungkin efektif dalam membantu mencegah dan menghambat pertumbuhan kanker. Mekanisme yang bekerja adalah zat dalam jahe, termasuk antioksidan, yang telah terbukti membunuh dan mengurangi penyebaran zat penyebab kanker dalam tubuh. Sebuah artikel yang diterbitkan dalam “British Journal of Nutrition” pada Februari 2012 mencatat bahwa jahe memiliki sifat anti-inflamasi dan antioksidan dan telah diamati untuk memperlambat penyebaran kanker tertentu, menunjukkan bahwa jahe dapat memainkan peran penting dalam pencegahan kanker.

11. Menyehatkan otak

Manfaat wedang jahe juga dapat menyehatkan otak Anda, karena jahe mengandung senyawa yang disebut 6-shogaol, yang melindungi otak Anda, menjaganya tetap sehat dengan menghambat pelepasan bahan kimia jakat yang merusak neuron baik dalam model vivo maupun vitro.

12. Menyehatkan rambut dan kulit

Karena antioksidan dan vitamin hadir dalam jahe, manfaat wedang jahe dapat menambah kilau alami pada kulit Anda. Selain itu, Vitamin A dan C yang terkandung dalam jahe dapat meningkatkan tekstur rambut Anda. Ini membersihkan darah  dan memiliki sifat antibakteri yang membantu dalam mengobati dan mencegah penyakit kulit.

13. Mencegah risiko Alzheimer

Penyakit Alzheimer adalah gangguan neurodegenerative progresif yang memengaruhi sistem saraf pusat. Telah terbukti secara ilmiah bahwa manfaat jahe membantu memperlambat degradasi sel-sel otak. Para peneliti juga menemukan bahwa antioksidan dan senyawa kuat dalam melawan respons radang jahe yang terjadi di otak

14. Memulihkan otot

Ketika Anda berolahraga, otot Anda bekerja dan mungkin membuat lelah. Salah satu cara untuk membantu mempercepat pemulihan otot adalah minum segelas air jahe. Minuman ini bisa menjadi pilihan alternatif setelah berolahraga, karena manfaat wedang jahe juga menghindrasi tubuh.

15. Menghangatkan tubuh dan melegakan flu

Selama cuaca dingin, minum wedang jahe adalah cara yang tepat untuk menghangatkan tubuh. Manfaat wedang jahe dapat mengeluarkan keringat, yang berarti bekerja untuk menghangatkan tubuh dari dalam. Salein itu, wedang jahe juga berkhasiat mengatasi pilek dan flu.

Kandungan yang Membuat Wedang Jahe Begitu Istimewa

Manfaat wedang jahe untuk kesehatan sangat melimpah dan begitu istimewa. Mari kita gali lebih dalam apa saja sih yang terkandung dalam jahe:

1. Kalium 

Kalium memiliki tugas utama mengatur keseimbangan cairan, mengendalikan jantung dan otot-otot lainnya. Untuk mendukung fungsi tubuh utama, kita membutuhkan sekitar 100 mg potasium setiap hari. Manfaat jahe bisa mencukupi kalium dalam tubuh, yang kemungkinan dapat mengurangi 20% risiko kematian dari semua penyebab, penurunan risiko stroke, menjaga kepadatan tulang dan mineral, penurunan pembentukan batu ginjal dan penurunan tekanan darah.

2. Mangan

Unsur ini sangat penting dalam pembentukan jaringan ikat, tulang, faktor pembekuan darah dan hormon seks. Ini juga sangat penting dalam metabolisme lemak dan karbohidrat selain penyerapan kalsium, fungsi otak dan saraf serta regulasi gula darah.

3. Tembaga

Tembaga adalah mineral yang sangat penting untuk membantu membentuk hemoglobin dan kolagen di dalam tubuh. Jika kekurangan tembaga akan menghasilkan sel darah merah yang tidak terbentuk dengan baik, yang dikenal sebagai anemia. Manfaat wedang jahe juga sebagai antioksidan yang membantu menghilangkan radikal bebas.

4. Magnesium

Manfaat jahe dapat memenuhi magnesium dalam tubuh, karena kandungan ini memainkan peran penting dalam beberapa proses biokimia yang selalu terjadi di dalam sel-sel kita. Bila kekurangan magnesium, dampak buruknya memengaruhi banyak sistem termasuk otak, otot, jantung, dan pembuluh darah.

5. Vitamin C

Vitamin C juga dikenal sebagai asam askorbat dan ditemukan dalam jumlah yang terkonsentrasi dalam sayuran dan buah-buahan. Ini adalah antioksidan kuat yang membantu tubuh mempertahankan jaringan ikat. Manfaat jahe yang mengandung vitamin C juga membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, mengurangi hipertensi, dapat membantu dalam pengobatan kanker, keracunan timbal, dan stroke.

Cara Membuat Wedang Jahe

Jahe segar adalah sumber terbaik untuk membuat wedang jahe sendiri di rumah. Banyak produk wedang jahe kemasan atau wedang jahe instan, tetapi Anda akan mendapatkan manfaat paling banyak dari wedang jahe yang Anda buat sendiri di rumah.

Anda bisa mendapatkan jahe segar di toko kelontong atau pasar tradisional. Jahe ini berbentuk seperti akar berwarna krem, biasanya beberapa inci panjangnya.

Untuk membuat wedang jahe, Anda harus memasak jahe di dalam air mendidih. Anda dapat merebus jahe tanpa dikupas karena tidak akan memakannya langsung dan banyak nutrisi yang terkandung berada tepat di bawah kulit.

Anda juga dapat menggunakan lebih banyak air atau jahe tergantung seberapa banyak Anda menginginkan wedang jahe.

Berikut cara membuat wedang jahe:

Siapkan bahan:

  • 1 ons jahe
  • 150 gr gula merah
  • 3 sdm gula pasir
  • 2 Liter air
  • 3 batang serai
  • 1 lembar daun pandan
  • 1 sdt garam

Cara membuat wedang jahe:

  1. Bakar jahe, lalu bersihkan bagian kulitnya, dan memarkan
  2. Bersihkan batang serai, potong menjadi 3-4 bagian
  3. Rebus air hingga mendidih
  4. Masukkan serai, jahe, garam, gula pasir, dan daun pandan
  5. Aduk dan didihkan selama 10 menit
  6. Saring wedang jahe saat dituangkan ke dalam gelas
  7. Minum wedang jahe selagi hangat

Wedang jahe akan lebih lezat bila ditambahkan sedikit madu atau air lemon, tetapi jangan berlebihan dengan pemanis tambahan. Jika ingin minum wedang jahe setiap hari dengan takaran yang pas dan tidak berlebihan (berlebihan itu selalu tidak baik), Anda bisa membuatnya dengan porsi yang banyak dan menyimpannya di kulkas.

Jadi, manfaat wedang jahe begitu melimpah kan, Teman Sehat!