Terbit: 21 April 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Tahukah Anda bahwa vitamin B6 yang kerap kita anggap mirip atau bahkan sama dengan vitamin B ternyata memiliki manfaat khusus untuk kesehatan tubuh? Kira-kira, apa saja manfaat vitamin B6 untuk tubuh?

5 Manfaat Vitamin B6 Untuk Tubuh

Vitamin B merupakan jenis vitamin yang memiliki banyak turunan atau bentuk lain, salah satunya adalah vitamin B6. Kebutuhan vitamin B6 tubuh bisa diperoleh dari konsumsi makanan berkarbohidrat, protein hewani dan kacang-kacangan.

Asupan vitamin B6 yang tercukupi akan mendukung lima hal utama untuk tubuh. Menurut National Institute of Health manfaat vitamin B6 adalah:

1. Mencegah penyakit kardiovaskular

Berbagai penelitian menunjukkan asupan vitamin B6, B9 dan B12 mampu menurunkan level homosistein dalam tubuh, hal ini sangat baik untuk mencegah terjadinya penyakit kardiovaskular. Selain itu penelitian yang dilakukan pada lebih dari 5500 orang dewasa yang memiliki riwayat penyakit kardiovaskular menunjukkan bahwa konsumsi suplemen vitamin B6 mampu mengurangi risiko terjadinya stroke hingga 25%.

2. Menurunkan risiko kanker

Kadar vitamin B6 yang rendah pada darah meningkatkan risiko terjadinya penyakit kanker. Meskipun suplemen vitamin B6 belum terbukti efektif mencegah kanker, namun berbagai penelitian bahwa asupan vitamin B6 yang tercukupi mengurangi risiko kanker usus besar sebanyak 20%.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Family Fest - Advertisement

3. Mendukung fungsi kognitif tubuh

Asupan vitamin B6 yang cukup akan mendukung fungsi otak yang baik. Hal ini bermanfaat untuk daya ingat utamanya pada usia lansia.

4. Mengurangi nyeri rasa nyeri pre-menstrual syndrom

Suplemen vitamin B6 terbukti mampu mengurangi rasa nyeri saat menstruasi. Namun dosis suplementasi yang tepat masih belum bisa ditentukan. Asupan vitamin B6 dari makanan secara rutin akan banyak membantu mencegah terjadinya nyeri menstruasi.

5. Mencegah mual pada ibu hamil

Vitamin B6 yang cukup mampu menurunkan risiko mual sebesar 70% pada ibu hamil.

Nah, itu dia lima manfaat vitamin B6 untuk tubuh, manfaat tersebut tentu akan kita rasakan jika vitamin B6 tubuh selalu tercukupi. Jadi, sudahkah Anda memenuhi kebutuhan vitamin B6 Anda?


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi