5 Manfaat Susu Bubuk untuk Memperbaiki Kondisi Kulit

susu-bubuk-doktersehat
Photo Credit: Kaboompics via Pexels

DokterSehat.Com– Susu bubuk mungkin bukan sesuatu yang sulit didapatkan. Namun siapa yang menyangka bahwa produk makanan ini tak hanya baik untuk dikonsumsi, melainkan juga memberikan manfaat untuk kecantikan. Bagaimana keajaiban yang bisa diperoleh dari susu bubuk?

Photo Credit: Kaboompics via Pexels

1. Sebagai Cleanser

Susu bubuk punya kemampuan membunuh bakteri dan mengangkat sel kulit mati. Caranya adalah dengan mencampur tiga sendok susu bubuk dengan satu sendok minyak zaitun, minyak almond, dan air mawar. Campurkan, dan gunakan sebagai masker. Bilas setelah 15 menit.

2. Memperbaiki Tone Kulit

Susu bubuk mengandung laktosa yang dapat membantu regenerasi kulit. Campurkan satu sendok makan susu dengan kunyit, dan gunakan sebagai masker. Diamkan selama 1,5 jam dan bilas. Jika dipakai teratur, wajah akan terlihat lebih cerah.

3. Mengatasi Kulit Kering

Siapkan pisang secukupnya dan hancurkan. Tambahkan satu sendok makan susu bubuk, kemudian aduk. Setelah tercampur sempurna, gunakan sebagai masker. Diamkan selama 20 menit, lalu basuh dengan air.

4. Mengurangi Noda Hitam

Susu bubuk bahkan bisa membantu mengurangi noda hitam di wajah. Pasalnya, di dalamnya ada kandungan yang berfungsi sebagai eksfoliator. Campurkan dua sendok makan orange peel dengan 2 sendok makan susu. Gunakan sebagai masker, dan diamkan selama 30 menit. Setelahnya, basuh hingga bersih.

5. Mengobati Bekas Terbakar Matahari

Manfaat luar biasa lain dari susu bubuk adalah mampu memulihkan bekas terbakar matahari pada kulit. Anda bisa langsung mengoleskan susu bubuk pada kulit, atau mencampurnya dengan bahan lain seperti tomat. Gunakan sebagai masker, dan diamkan selama kurang lebih 30 menit.

Siapa sangka, susu bubuk yang selama ini hanya dianggap sebagai bahan minuman ternyata juga sangat kaya manfaat. Yuk mulai melakukan perawatan sederhana di rumah!