Terbit: 23 Maret 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com-Makanan organik kini mulai banyak dilirik oleh konsumen. Dengan meningkatnya kesadaran akan pola hidup sehat dan bebas penggunaan bahan kimia. Makanan organik kini semakin banyak diproduksi.

5 Manfaat Memilih Makanan Organik

Salah satu keunggulan bahan makanan organik yang sering kita ketahui adalah makanan organik bebas dari penggunaan bahan kimia. Misalnya, pupuk pada tanaman atau penggunan suntik hormon tertentu pada hewan.

Padahal menurut Mayo Clinic, makanan organik memiliki banyak keunggulan lain yang juga baik untuk mendukung kesehatan tuhan tubuh kita.

Ada lima manfaat utama konsumsi makanan organik yaitu:

1. Peningkatan asupan gizi

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Family Fest - Advertisement

 

Studi menunjukkan bahwa kandungan beberapa fitonutrien yang ada pada makanan organik sedikit banyak lebih tinggi daripada makanan biasa. Fitonutrien adalah kandungan zat gizi yang sebenarnya tidak dibutuhkan tubuh namun jika kita konsumsi akan mendukung fungsi organ tubuh yang lebih baik.

2. Bebas residu pestisida

 

Seperti yang sering kita dengar makanan organik bebas penggunaan bahan pestisida, baik saat penggunaan ataupun bebas sisa penggunaan pestisida. Hal ini tentu akan mendukung kesehatan dengan menurunkan kontaminasi bahan kimia yang masuk dalam tubuh.

3. Racun metal pada makanan lebih rendah

Makanan yang ditanam organik memiliki kandungan cadmium, bahan kimia metal di tanah yang diserap tanaman, lebih rendah, bahkan bebas cadmium, dibandingkan dengan bahan makanan non organik. Hal ini dipengaruhi oleh penggunaan pupuk non kimia dalam proses penanaman.

4. Peningkatan kandungan omega-3

 

Makanan protein hewani yang diperoleh dari bahan makanan organik memiliki kandungan omega-3 yang lebih tinggi karena rendahnya penggunaan bahan kimia, baik untuk mendukung pertumbuhan ternak atau pada pakan yang diberikan pada hewan ternak.

5. Kandungan bakteri lebih rendah

Makanan biasa memiliki risiko terbentuknya bateri lebih tinggi, karena bakteri disebut lebih bisa bertahan pada makanan non-organik. Namun penanangan yang tidak tepat selama proses penanaman hingga penjualan lebih memengaruhi adanya bakteri pada makanan.

Kelima poin tersebut menjadi keunggulan bahan makanan organik dibandingkan dengan bahan makanan biasa. Jadi, dengan pemilihan bahan baku makanan yang organik, tubuh kita bisa mendapatkan manfaat lebih banyak, ya!


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi