Pasak bumi adalah obat herbal yang berasal dari akar tumbuhan bernama latin eurycoma longifolia. Tumbuhan yang juga dinamai tongkat ali ini biasa digunakan untuk meningkatkan gairah seksual pria di Asia Tenggara, termasuk Indonesia, Malaysia, dan Vietnam. Tetapi tidak hanya itu saja, manfaat pasak bumi juga telah lama digunakan untuk pengobatan lainnya. Apa saja manfaat lainnya? Selengkapnya simak di bawah ini.

manfaat-pasak-bumi-doktersehat

Kandungan Pasak Bumi

Manfaat pasak bumi kemungkinan berasal dari berbagai senyawa yang terkandung di dalamnya. Secara khusus, akar pasak bumi mengandung senyawa penting seperti berikut:

  • Eurycomalactone
  • Eurycomaoside
  • Eurycolactone
  • Eurycomanone
  • Quassinoids mengandung efek antikanker, antiulcer, dan antiparasit
  • Alkaloid, mengandung sifat antibakteri dan antikanker.

Pasak bumi juga memiliki senyawa lain yang bertindak sebagai antioksidan. Antioksidan adalah senyawa yang melawan kerusakan sel yang disebabkan oleh molekul yang disebut radikal bebas.

Manfaat Pasak Bumi bagi Kesehatan

Pasak bumi memiliki khasiat untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan, terutama untuk para pria. Berikut penjelasan manfaat pasak bumi kesehatan:

1. Mengatasi Disfungsi Ereksi dan Libido

Pasak bumi disebut-sebut sebagai obat herbal untuk mengatasi disfungsi ereksi. Ini telah dibuktikan oleh sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Element-Based Complementary dan Alternative Medicine, para peneliti menemukan bahwa orang yang mengonsumsi pasak bumi selama 12 minggu dapat membantu mengatasi disfungsi ereksi.

2. Meningkatkan Libido

Penelitian yang juga diterbitkan dalam Element-Based Complementary dan Alternative Medicine, menunjukkan bahwa manfaat pasak bumi dapat membantu meningkatkan libido. Penelitian ini telah melibatkan 109 pria berusia antara 30 sampai 55 tahun, hasilnya menunjukan bahwa obat herbal dari akar ini dapat membantu meningkatkan fungsi ereksi, meningkatkan gairah seksual, motilitas sperma, jumlah sperma.

3. Mengatasi Infertilitas

Pasak bumi memberikan harapan untuk mengobati infertilitas. Ini telah dibuktikan melalui penelitian yang diterbitkan dalam Asian Journal of Andrology pada tahun 2010. Para peneliti menemukan bahwa mengonsumsi suplemen pasak bumi sebanyak 200 miligram setiap hari selama tiga sampai sembilan bulan menghasilkan jumlah sperma yang lebih tinggi, konsentrasi sperma, jumlah morfologi sperma normal, dan motilitas sperma, dan menghasilkan kehamilan pada 11 mitra responden setelah melalui perawatan.

4. Menurunkan Stres

Anda sering mengalami stres karena pekerjaan atau karena masalah lainnya? Mungkin Anda bisa mempertimbangkan untuk mengonsumsi ramuan yang satu ini. Karena manfaat akar pasak bumi dapat menurunkan hormon stres dalam tubuh, mengurangi kecemasan, dan meningkatkan suasana hati (mood).

Sebuah penelitian pertama di tahun 1999 telah mengidentifikasi kemungkinan manfaat obat herbal ini dalam mengatasi masalah suasana hati. Hasilnya ditemukan bahwa ekstrak pasak bumi sebanding dengan obat antikecemasan lainnya.

Penelitian ini telah diujikan kepada 63 orang dewasa yang mengalami stres. Mereka yang mengonsumsi suplemen ekstrak pasak bumi sebanyak 200 miligram setiap hari selama satu bulan telah mengurangi kadar hormon stres kortisol. Mereka juga melaporkan bahwa secara signifikan lebih sedikit mengalami stres, rasa marah, dan ketegangan setelah mengonsumsi pasak bumi secara rutin.

Meskipun hasil penelitian ini menjanjikan untuk mengatasi stres, namun khasiatnya masih perlu dilakukan penelitian lebih lanjut.

5. Meningkatkan Energi pada Tubuh

Manfaat kayu pasak bumi diklaim dapat meningkatkan energi. Ini karena kandungan senyawa yang disebut quassinoid, termasuk eurycomaoside, eurycolactone, dan eurycomanone, yang dapat membantu tubuh menggunakan energi lebih efisien, mengurangi kelelahan, dan meningkatkan daya tahan tubuh.

Dengan kata lain, suplemen dapat bertindak sebagai bantuan ergogenik, merupakan zat yang dapat meningkatkan kinerja fisik dan meningkatkan komposisi tubuh, termasuk jaringan lemak tubuh total, jaringan tanpa lemak, mineral tulang, dan cairan tubuh.

Khasiat yang satu ini mungkin menjadi alasan para pria menjadikan pasak bumi sebagai obat kuat alami, yang membuat perkasa di ranjang.

6. Membantu Pembentukan Otot

Manfaat kayu pasak bumi dapat membantu para atlet membentuk otot tubuhnya. Dengan mengonsumsi 400 miligram ekstrak pasak bumi per hari selama 5 minggu, masa otot atlet bisa meningkat dengan signifikan.

Bukan tanpa alasan, penelitian telah dilakukan pada 25 orang dewasa yang aktif secara fisik. Mereka mengonsumsi suplemen ekstrak pasak bumi sebanyak 400 miligram setiap hari selama 5 minggu secara signifikan telah meningkatkan kekuatan dan massa otot.

7. Meningkatkan Metabolisme

Salah satu tanda penuaan adalah menurunnya toleransi karbohidrat, ketidakpekaan insulin, dan obesitas.

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Ethnopharmacology menunjukkan bahwa setelah mengonsumsi ekstrak pasak bumi secara rutin membantu meningkatkan sensitivitas insulin, peningkatan penyerapan glukosa oleh sel, dan mengurangi akumulasi lipid dalam jaringan adiposa.

Sementara penelitian lain menunjukkan bahwa manfaat kayu pasak bumi membantu meningkatkan kepadatan tulang, melindungi lapisan pencernaan, memperbaiki masalah sistem kekebalan, dan menyerang berbagai jenis mikroba yang mengancam keseimbangan mikrobioma usus.

8. Meningkatkan Testosteron dan Mencegah Penuaan

Manfaat akar pasak bumi juga dapat membantu mengatasi gejala hipogonadisme onset lambat. Hipogonadisme adalah kondisi yang disebabkan oleh kekurangan testosteron, yakni hormon seksual pada pria.

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan di Andrologia. Sebanyak 76 orang yang mengalami hipogonadisme onset lambat mengonsumsi 200 miligram ekstrak pasak bumi selama satu bulan. Hasilnya menunjukkan bahwa obat herbal ini mengurangi gejala penuaan dan meningkatkan hormon testosteron pada pria.

Sebagai informasi, rendahnya testosteron dapat disebabkan oleh penuaan, kemoterapi, perawatan radiasi, obat-obatan tertentu, cedera, infeksi pada testis, penyakit tertentu, dan obstructive sleep apnea (gangguan tidur).

9. Antikanker

Pasak bumi juga telah diteliti sebagai agen penangkal kanker, karena beberapa bahan kimianya telah terbukti memberikan efek antikanker dalam penelitian. Menurut penelitian di tahun 2005 oleh Tee TT dan Azimahtol HL dalam jurnal, Anticancer Research, ekstrak pasak bumi memberikan efek antiproliferasi terhadap sel kanker payudara.

Sementara dalam penelitian di tahun 2003 yang dilakukan di Universitas Nasional Cheng Kung dan diterbitkan dalam The Journal of Natural Products, obat herbal dari akar ini dapat membunuh sel kanker paru-paru dan menunjukkan efek antimalaria.

10. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi (Hipertensi)

Pasak bumi diklaim efektif menghilangkan sakit kepala dan mengurangi tekanan darah tinggi. Sebagian besar penelitian berfokus pada sifat afrodisiak pasak bumi yang telah terbukti meningkatkan kadar testosteron pada pria.

Penelitian ini mendalami kemungkinan efek obat herbal sebagai obat hipertensi dan apakah ini terkait dengan kadar testosteron serum. Penelitian ini telah melibatkan tikus jantan yang diberi 15 miligram pasak bumi selama 12 minggu. Hasilnya, tikus dengan diet tinggi lemak mengalami penurunan tekanan darah sistolik dan diastolik secara signifikan.

Baca Juga: 11 Obat Kuat Alami yang Aman untuk Pria, Istri Dijamin Puas!

Dosis Pasak Bumi

Dosis yang disarankan sebagian besar berdasarkan pada praktik historis atau rekomendasi dari produsen, karena penelitian secara klinis masih kurang.

  • Secara umum, dosis yang disarankan mulai dari 100 sampai 800 miligram setiap hari.
  • Untuk infertilitas pria: 200 miligram setiap hari selama 3-9 bulan.
  • Untuk hasrat seksual: 300 miligram setiap hari selama 3 bulan.

Efek Samping Pasak Bumi

Beberapa penelitian tentang penggunaan pasak bumi pada manusia belum dilaporkan menimbulkan efek samping apa pun.

Penelitian mencatat bahwa menggunakan 300 miligram ekstrak pasak bumi setiap hari sama amannya dengan menggunakan plasebo.

Sementara penelitian lain menunjukkan bahwa menggunakan pasak bumi sampai 1,2 gram per hari aman untuk orang dewasa, tetapi jumlah ini belum digunakan dalam penelitian. Ditambah, tidak ada penelitian tentang penggunaan jangka panjangnya. Meski begitu, tetap berhati-hati dan jangan sampai berlebihan mengonsumsi pasak bumi untuk menghindari hal yang tidak diinginkan.

_

Itulah penjelasan manfaat akar pasak bumi untuk kejantanan pria, dosis hingga efek sampingnya. Nah, Jika ingin menggunakan obat herbal ini, alangkah baiknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter tentang alergi dan kondisi kesehatan yang sedang diderita. Semoga informasi ini bermanfaat ya, Teman Sehat!

 

 

 

  1. By Cathy Wong. Tongkat Ali Health Benefits and Uses. 2020. https://www.verywellfit.com/the-benefits-of-tongkat-ali-89588. (Diakses 14 Februari 2020)
  2. Streit, Lizzie. 2019. Tongkat Ali (Eurycoma longifolia): Everything You Need to Know. https://www.healthline.com/nutrition/tongkat-ali-longjack-review#side-effects-and-dosage. (Diakses 14 Februari 2020)
  3. Eurycoma Longifolia. https://www.webmd.com/vitamins/ai/ingredientmono-1132/eurycoma-longifolia
  4. The effects of Eurycoma longifolia on testosterone and blood pressure in high-fat-fed animal model. https://www.researchgate.net/publication/317220711_The_effects_of_Eurycoma_longifolia_on_testosterone_and_blood_pressure_in_high-fat-fed_animal_model. (Diakses 14 Februari 2020)
  5. Gallagher, Ethan. 2011. The Benefits of Tongkat Ali. https://healthfully.com/249623-health-benefits-of-whey-protein-powder.html. (Diakses 14 Februari 2020)
  6. Tongkat Ali. https://vitalplan.com/ingredients/tongkat-ali. (Diakses 14 Februari 2020)