Terbit: 21 April 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com – Orgasme adalah puncak kenikmatan seksual yang didapatkan pria dan wanita. Saat mendapatkan orgasme, tubuh akan menjadi lebih relaks dan semua libido jadi terkuras habis. Lebih lanjut, orgasme juga bisa membuat pasangan sama-sama puas dan akan melakukan seks lagi di kemudian hari.

5 Manfaat Orgasme untuk Kesehatan yang Harus Anda Dapatkan

Selain beberapa hal terkait dengan orgasme di atas, adakah manfaat dari orgasme yang lebih besar dari sekadar rasa puas saja? Ada, berikut lima manfaat orgasme bagi kesehatan fisik dan juga mental.

1. Menghilangkan rasa nyeri

Saat mendapatkan orgasme, tubuh akan menghasilkan dua buah hormon yang bermanfaat untuk tubuh. Hormon itu adalah oksitosin dan endorfin. Dua hormon ini membuat tubuh jadi lebih relaks dan meringankan rasa sakit.

Kemampuan untuk menghilangkan rasa sakit inilah yang membuat beberapa wanita yang sedang PMS disarankan untuk bercinta. Rasa nyaman yang ditimbulkan bisa meredakan rasa sakit secara perlahan-lahan.

2. Mengatasi insomnia

Dari sebuah penelitian yang dilakukan di Amerika, sekitar 32 persen wanita bisa tidur dengan nyenyak setelah bercinta. Perasaan nyaman pada tubuh menyebabkan mereka jadi mudah kantuk dan akhirnya terlelap dengan kualitas tidur yang baik.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Kids Baby - Advertisement

3. Meringankan stres

Setiap orang mengalami stres atau memiliki tekanan dari hubungan dengan orang lain atau pekerjaan. Kalau kondisi ini terjadi, jangan jauhi seks. Lakukan saja seks secara perlahan-lahan dengan pasangan. Saat orgasme datang rasa bahagia akan datang dan stres perlahan mereda.

4. Meningkatkan hormon pertumbuhan

Melakukan seks secara berkala dan intens akan membuat seseorang menjadi awet muda. Pria dan wanita akan menghasilkan banyak human growth hormone yang baik untuk peremajaan sel dalam tubuh.

5. Meningkatkan kesehatan jantung

Seks tidak banyak dengan melakukan olahraga. Kalau melakukan aktivitas ini dengan rutin, kesehatan jantung bisa meningkat. Selain itu, kadar lemak di dalam tubuh juga bisa menurun.

Nah, terbukti kan kalau orgasme banyak manfaatnya. Sudahlah Anda berhubungan seks hari ini?


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi