DokterSehat.Com-Minyak esensial adalah suatu minyak alami yang biasanya didapatkan dengan distilasi dan memiliki karakteristik aroma tanaman sumber yang diekstrak. Minyak esensial telah digunakan sejak 5000 tahun lalu sebagai pengobatan serta perawatan kecantikan.



Photo Credit: Flickr.com/Your Best Digs

Untuk kecantikan sendiri, minyak esensial memang memiliki banyak manfaat untuk untuk menjaga kulit tetap kenyal, lembut dan cantik. Seperti yang dilansir dari Organicfacts.com, berikut ini beberapa manfaat minyak esensial untuk kulit.

1. Minyak Esensial Lemon

Dengan menggunakan minyak esensial lemon, Anda dapat menghilangkan minyak berlebih di kulit Anda. Minyak esensial lemon juga bermanfaat untuk mengencangkan kulit, serta efektif untuk membersihkan komedo dan jerawat.

2. Minyak Esensial Tea Tree

Minyak Esensial Tea Tree bersifat antimikroba dan antibakteri sehingga sempurna untuk membersihkan gejala-gejala munculnya jerawat serta memperbaiki tampilan kulit Anda.

3. Minyak Esensial Roseship

Minyak esensial roseship memiliki sifat sebagai pembersih alami. Minyak ini bahkan mengandung vitamin A alami berkonsentrasi tinggi sehingga dapat mengurangi keriput, membersihkan bekas jerawat dan noda hitam, serta merangsang produksi kolagen dan mendorong pertumbuhan sel-sel baru. Menggunakan minyak esensial roseship, Anda akan mendapatkan kulit yang lebih kencang dan kenyal.

4. Minyak Esensial Grapeseed

Jika Anda memiliki kulit kering, tidak ada salahnya untuk mencoba menggunakan minyak essensial grapeseed. Pasalnya, minyak esensial ini mampu mengatur produksi minyak pada kulit. Manfaat minyak esensial grapeseed selanjutnya adalah meningkatkan kemampuan tubuh untuk mempertahankan kelembabannya, serta sebagai pelindung untuk mencegah hilangnya kelembaban kulit secara berlebihan. Dengan demikian, minyak ini dapat membuat kulit Anda tetap kenyal dan lembut.

5. Minyak Esensial Sandalwood

Minyak esensial sandalwood dapat mempercepat proses perbaikan sel-sel kulit yang rusak karena sering terpapar polusi. Minyak sandalwood merangsang produksi sel baru sambil menghaluskan permukaan kulit serta membatasi tanda-tanda penuaan yang muncul.

Nah, setelah mendengar beberapa manfaat minyak esensial di atas, minyak esensial mana yang akan Anda coba?