5 Manfaat Mentimum untuk Kecantikan Anda

doktersehat-wanita-cantik-wajah-muka-ketimun-mentimun-masker

DokterSehat.Com– Saat terganggu dengan masalah lingkaran hitam pada mata, mentimun sering kali menjadi bahan yang akan pertama diambil untuk mengatasinya. Namun, tidak hanya membantu mengatasi lingkaran hitam, mentimun juga dapat digunakan sebagai toner, pemutih, penyegar, atau menenangkan kulit yang terbakar. Pasalnya, tanaman ini ternyata memiliki manfaat ekstra untuk perawatan kulit.

1. Melawan Jerawat

Minyak yang terkumpul di wajah ditambah dengan sel-sel kulit mati dapat menyumbat folikel kulit sehingga menimbulkan jerawat. Dilansir dari curejoy.com, mentimun mampu menurunkan kadar minyak pada kulit secara signifikan sehingga mengurangi kemungkinan terjadinya jerawat.

2. Melindungi dari Sinar Matahari

Mentimun kaya akan flavonoid, tannin, dan vitamin C yang memberikan property antioksidan yang dapat membantu melawah radikal bebas yang dapat merusak kulit akibat sinar UV. Oleh karena itu, mentimun mampu melindungi kulit dari bahaya sinar UV. Selain itu, karena memiliki efek meredakan nyeri, mentimun juga berguna untuk menenangkan kulit yang terbakar matahari.

3. Menjaga Kulit dari Garis-garis Halus dan Keriput

Mentimun kaya akan air dan antioksidan sehingga menjaga kulit tetap lembap, terhidrasi dan kenyal. Kulit Anda juga memiliki protein yang disebut elastin yang menjaga elastisitas kulit. Mentimun mencegah kerusakan elastin yang disebabkan oleh enzim elastase, sehingga kulit tetap kencang dan mendorong pembaruan sel-sel dengan membangun kolagen.

4. Menenangkan Kulit dan Menyembuhkan Luka

Mentimun dapat membantu menenangkan iritasi dan mengurangi inflamasi. Penelitian juga mengungkapkan bahwa mentimun dapat meredakan rasa sakit dan menenangkan kulit yang terbakar matahari serta menyembuhkan bekas luka.

5. Mencerahkan Kulit Akibat Terbakar Matahari

Biokimia yang ada pada ekstrak mentimun mampu mencegah tirosinase, enzim yang bertanggungjawab atas produksi melanin. Oleh karena itu, mentimun cocok sebagai pencerah kulit yang menghitam karena terbakar matahari dengan menurunkan jumlah melanin. Selain itu, mentimun juga kaya vitamin termasuk vitamin C yang baik untuk kulit.

Mentimun terbukti memiliki manfaat yang menakjubkan untuk kulit. Jadi, sayang sekali jika Anda melewatkan tanaman ini sebagai perawatan kulit dan kesehatan Anda. Mulai sekarang, selain menambahkan mentimun dalam salad Anda, gunakan juga mentimun sebagai salah satu bahan perawatan kulit Anda!