14 Manfaat Kulit Pisang yang Harus Anda Tahu

manfaat-kulit-pisang-doktersehat

DokterSehat.Com – Pisang adalah salah satu buah digemari banyak orang, selain karena rasanya yang manis, buah ini juga sering kali diolah dalam berbagai bentuk penganan. Selain memanfaatkan daging buahnya, tahukah Anda bahwa kulitnya juga berguna untuk kesehatan. Apa saja manfaat kulit pisang yang bisa Anda dapatkan?

Manfaat Kulit Pisang untuk Tubuh

Selama ini banyak orang melihat pisang hanya bisa dimanfaatkan dagingnya saja, padahal kulit pisang juga mengandung banyak manfaat. Berikut ini beberapa manfaat kulit pisang yang harus Anda tahu, antara lain:

1. Memutihkan gigi

Manfaat kulit pisang yang pertama adalah kemampuannya untuk memutihkan gigi. Banyak orang tidak sangka bahwa kulit pisang mampu memutihkan gigi. Caranya cukup mudah, gosokan kulit pisang pada gigi selama satu menit setiap harinya selama satu minggu. Setelah itu Anda bisa menggosok gigi tanpa odol. Cara ini dipercaya mampu memberikan warna putih alami gigi.

2. Membersihkan jerawat

Manfaat kulit pisang berikutnya adalah dipercaya mampu membersihkan jerawat. Caranya, Anda hanya perlu memijatkannya pada wajah atau bagian tubuh lainnya yang berjerawat dengan kulit pisang setiap hari selama lima menit. Pada umumnya, jerawat akan hilang dalam waktu satu minggu.

3. Mengurangi keriput

Kulit pisang juga akan membantu kulit tetap terhidrasi sehingga membantu mengurangi keriput. Anda bisa membuat masker kulit pisang dengan menambahkan kuning telur pada kulit pisang yang ditumbuk. Oleskan pada wajah dan diamkan selama 5 menit sebelum kemudian membilasnya dengan air.

Selain dengan kuning telur Anda juga bisa menambahkan satu sendok teh madu murni. Kemudian balurkan campuran tersebut ke wajah secara merata. Diamkan selama 15 menit setelah itu bilas hingga bersih. Agar mendapatkan hasil yang maksimal lakukan secara teratur selama tiga kali seminggu.

4. Menurunkan kolesterol

Salah satu cara yang bisa Anda lakukan untuk menurunkan kolesterol adalah meningkatkan asupan serat. Dengan menurunnya kadar kolesterol jahat maka hal itu otomatis akan menurunkan risiko stroke dan jantung. Manfaat kulit pisang bisa Anda gunakan untuk menurunkan kolesterol karena kulit pisang mengandung serat yang lebih larut dan tidak larut daripada buahnya.

5. Pembentukan otot

Manfaat kulit pisang yang banyak orang tidak sangka adalah kemampuanya untuk membentuk otot. Kalium (dan elektrolit) dalam kulit pisang memiliki kontribusi pada pembentukan otot, metabolisme karbohidrat, dan pengaturan keseimbangan asam-basa di seluruh tubuh.

6. Membuat Anda lebih bahagia

Kulit pisang memiliki tingkat serotonin yang tinggi, yang merupakan neurotransmitter yang bersumber dari triptofan. Serotonin paling sering dianggap sebagai senyawa kimia yang mengatur keseimbangan mood.

7. Membuat tidur lebih nyenyak

Bagi Anda yang mengalami kesulitan untuk tidur nyenyak, sebaiknya Anda harus mendapatkan manfaat kulit pisang. Kulit pisang mengandung tryptophan. Tryptophan sendiri adalah obat yang digunakan sebagai obat alternatif untuk mengobati insomnia, kecemasan, depresi, hingga sindroma premenstruasi.

8. Mengecilkan pinggang

Bagi Anda yang sedang menjalankan diet, sepertinya Anda harus mendapatkan manfaat kulit pisang. Kulit pisang mengandung kalori rendah dan berlimpah serat serta nutrisi yang dibutuhkan tubuh sehingga menjadikannya sumber suplemen yang ideal bagi siapa saja yang ingin tetap langsing.

9. Mencegah kanker

Salah satu bahan makanan yang bisa digunakan untuk mencegah kanker adalah kulit pisang. Kulit pisang kaya antioksidan dan terdiri dari senyawa yang melindungi sel dari ancaman mutasi, yang biasanya menyebabkan tumor kanker. Meski begitu, temuan terkait hal ini masih diperlukan penelitian lanjutan.

10. Memperkuat sel darah merah

Sel darah merah mengirimkan oksigen ke jaringan tubuh secara konstan. Kulit pisang termasuk nutrisi yang memperkuat sel darah merah dengan memastikan distribusi oksigen dan meminimalkan kerusakan sel darah merah.

11. Menjaga kesehatan mata

Memiliki kadar lutien yang tinggi, manfaat kulit pisang yang bisa didapatkan adalah mengoptimalkan kesehatan mata. Lutien adalah senyawa yang membantu kemampuan penglihatan pada malam hari dan membantu mencegah katarak dan degenerasi makula.

12. Meningkatkan sistem kekebalan

Kulit pisang memiliki kandungan yang kaya akan serat. Tingginya kandungan serat dalam kulit pisang membantu menciptakan bakteri probiotik di usus besar. Dengan begitu maka proses detoksifikasi tubuh akan berjalan dan sistem kekebalan menjadi lebih baik.

13. Membantu menyembuhkan luka

Jika Anda memiliki luka ringan, tak ada salahnya mendapatkan manfaat kulit pisang. Kulit pisang dipercaya mampu mengobati luka terutama luka akibat cedera. Caranya cukup dengan menggosok kulit pisang ke area luka.

14. Mengatasi psoriasis

Manfaat kulit pisang yang terakhir adalah dapat digunakan untuk mengatasi penyakit psoriasis. Psoriasis adalah penyakit peradangan kulit menahun yang umumnya ditandai dengan kulit mengelupas, ruam merah, kulit terasa kering, bersisik dan menebal. Jika sisik ini digaruk akan berakibat pendarahan bintik-bintik yang lumayan sakit.

Cara yang bisa Anda coba mengatasi penyakit psoriasis adalah dengan dengan menggosokan kulit pisang secara merata ke bagian kulit yang terkena penyakit psoriasis. Saat penggunaan pertama kulit akan memerah namun akan memudar dengan sendirinya.

Penting untuk diperhatikan:

Guna mendapatkan hasil yang maksimal, Anda harus menggunakan pisang organik untuk menghindari pestisida dan insektisida. Hal penting lain yang harus diperhatikan adalah karena kulit pisang memiliki rasa yang berbeda dari dagingnya, Anda bisa mengolahnya dengan merebus atau dengan cara diblender.

Selain itu, hindari mengonsumsi semua produk olahan pisang dengan cara digoreng. Cara masak dengan digoreng bisa mengubah manfaat kulit pisang dan tentunya daging buahnya. Makanan yang digoreng dapat meningkatkan kadar lemak jenuh, sehingga berisiko membuat Anda terkena obesitas, penyakit jantung, diabetes dan lain lain.

Masihkah Anda ragu untuk mendapatkan manfaat kulit pisang?