Terbit: 10 April 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Memasak bersama si kecil juga bisa jadi kegiatan yang seru lho Mom! Memasak bukan hanya kegiatan perempuan, tapi juga bisa Anda lakukan dengan anak laki-laki Anda. Ada banyak manfaat yang bisa didapat dari masak bersama anak. Apa saja?

5 Manfaat Masak Bersama Anak

Photo Credit: Freepik.com

Manfaat memasak bersama anak

Mengajak anak masak bersama memiliki banyak keuntungan. Anda bisa mengajak anak memasak makanan yang mudah dimasak seperti sup. Beberapa manfaat memasak bersama anak antara lain:

1. Mengajak anak untuk mengenal berbagai jenis bahan makanan
Saat memasak, anak Anda akan melihat berbagai jenis bahan makanan seperti aneka sayuran dan daging, lalu membuatnya berpikir bahan-bahan tersebut akan menjadi masakan apa. Selain itu anak-anak juga akan mengenal warna, tekstur dan rasa dari berbagai bahan yang tersedia.

2. Cara belajar yang meyenangkan

Saat memasak, Anda bisa mengajari matematika sederhana seperti menghitung jumlah bawang, menuangkan air kaldu, dan menghitung berapa lama makanan dikukus atau digoreng. Seru kan?

3. Melatih kerja sama dengan anak
Jika anak Anda belum bisa membantu memotong sayuran, Anda bisa membagi tugas lainnya dengan anak seperti menyiapkan dan mencuci bahan-bahan, atau mencuci alat masak. Cara ini melatih anak untuk bekerja sama secara tim dan anak Anda pasti menikmatinya.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku PTH - Advertisement

4. Mengajarkan anak tentang kemampuan memasak
Memasak pada dasarnya adalah salah satu kemampuan bertahan hidup yang perlu dikuasai baik anak laki-laki maupun perempuan. Anda bisa mengajarkan anak memasak masakan sederhana seperti sup, nasi goreng atau bola-bola nasi ketika anak usia sekolah. Kemampuan memasak tentunya akan sangat berguna di masa mendatang.

5. Anak lebih menghargai makanan
Anak yang terlibat mulai dari membeli bahan masakan hingga proses menyiapkan masakan akan lebih menghargai makanan yang makan. Cara ini juga bisa Anda terapkan pada anak yang susah makan atau sering memilih-milih makanan.

Seru kan Mom? Yuk ajak anak memasak di akhir pekan nanti!


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi