Terbit: 21 April 2018 | Diperbarui: 22 April 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Madu dipercaya memiliki banyak khasiat, termasuk bagi ibu hamil. Selain sebagai pengganti gula, madu juga dapat membangun sistem kekebalan tubuh ibu hamil yang rentan menurun. Apa saja manfaat minum madu selama hamil?

5 Manfaat Madu Bagi Ibu Hamil

Photo Credit: Flickr.com/Breville USA

Manfaat madu bagi ibu hamil

Madu memiliki kandungan gula (glukosa dan fruktosa) hingga 80%, cairan, mineral, asam, protein dan kandungan lainnya. Kandungan madu inilah yang menyebabkan madu menjadi suplemen andalan bagi ibu hamil. Beberapa manfaat madu bagi ibu hamil antara lain:

1. Meningkatkan kekebalan tubuh
Madu mengandung antibakteri dan antioksidan yang berfungsi untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Madu juga banyak digunakan untuk mengobati luka, luka bakar, dan mengatasi heartburn.

2. Mengatasi sakit tenggorokan
Sakit tenggorokan adalah salah satu penyakit yang sering dialami ibu hamil. Umumnya kondisi ini disebabkan oleh perubahan cuaca, infeksi virus atau bakteri. Tambahkan satu sendok madu ke teh lemon atau jahe dan minum saat hangat, maka sakit tenggorokan Anda akan mereda dalam beberapa hari.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Darlie - Advertisement

3. Membantu tidur nyenyak
Saat hamil kadang wanita mengalami susah tidur, terutama di trimester ketiga. Hal ini disebabkan oleh banyak hal, bisa karena pikiran atau stres jelang melahirkan, peningkatan hormon progesteron, dan perubahan fisik.

4. Meredakan morning sickness
Morning sickness merupakan kondisi yang banyak dialami oleh ibu hamil, khususnya pada awal kehamilan. Berdasarkan penelitian, sekitar 70% wanita hamil akan mengalami mual dan muntah pada trimester pertama. Untuk membantu mengatasi morning sickness, Anda bisa mencampur madu dengan teh jahe. Jahe dipercaya membantu mengurangi mual sehingga teh madu jahe baik untuk mengurangi morning sickness.

5. Mengatasi kulit kepala yang gatal

Adakah di antara Anda yang mengalami gatal-gatal di kulit kepala saat hamil? Pada beberapa kasus, ibu hamil mengalami gatal-gatal di bagian kepala yang sangat mengganggu. Anda bsia mengatasi hal tersebut dengan membuat masker kulit kepala. Caranya, larutkan madu dengan air hangat, oleskan ke kulit kepala dan diamkan selama beberapa saat lalu bilas hingga bersih.


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi