Terbit: 2 Mei 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Meminum kopi di pagi hari mungkin sudah menjadi kebiasaan bagi sebagian orang. Kopi memang bisa membuat mata menjadi melek dan membuat Anda lebih bersemangat. Adapun manfaat kopi untuk kesehatan ada banyak ragamnya, mulai dari mengurangi resiko Alzheimer dan juga Parkinson, penyakit jantung, stroke, kanker hati hingga diabetes. Disebut dari Paleohacks.com, konsumsi kopi ternyata juga berhubungan dengan menurutnya resiko kematian loh. Tapi tidak hanya itu saja, kopi ternyata juga memiliki manfaat yang bagus untuk kesehatan dan kecantikan kulit Anda. Apa saja manfaatnya?

5 Manfaat Kopi yang Bagus untuk Kecantikan Wajah

Photo Credit: Flickr.Com/ Rafael Saldaña

1. Peradangan

Kopi sudah lama dikenal karena kandungan anti-peradangannya. Kafein yang ditambah dengan antioksidan seperti polifenol dan asam hidrosinamiknya lah yang membawa manfaat ini. Hal ini merupakan kabar baik untuk Anda yang bermasalah dengan jerawat sebagaimana antioksidah bisa membantu meredakan kemerahan dan radang pada kulit.

2. Penuaan Dini

Kopi kaya akan polifenol, antioksidan yang juga ditemukan pada bahan makanan seperti teh, coklat dan juga beri. Kandungan ini bisa bekerja melawan radikal bebas dan juga memperlambat proses penuaan akibat kerusakan DNA. Sebagai bonusnya, kulit Anda juga akan terlindungi dari radiasi UV dan penuaan akibat paparan sinar matahari.

3. Mengurangi Selulit

Kopi adalah salah satu bahan terbaik jika Anda ingin menghilangkan selulit yang biasa muncul di lengan, kaki dan juga perut. Bahan ini memiliki kemampuan untuk meningkatkan sirkulasi yang bisa memperhalus penampakan selulit dan juga memiliki efek lipolitik pada sel lemak. Jadi mengaplikasikan kopi pada kulit dipercaya bisa mengurangi ukuran sel lemak sebanyak 17 persen.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Family Fest - Advertisement

4. Mencerahkan Kulit

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, kopi memiliki kandungan antioksidan. Kandungan ini bisa mengurangi efek kusam yang biasanya disebabkan oleh kulit lelah karena nutrisi yang tak terpenuhi. Ditambah lagi, kemampuan meningkatkan sirkulasinya juga akan membuat kulit jadi lebih cerah jika kopi digunakan sebagai masker atau lulur.

5. Menyembuhkan Bengkak

Pernah terbangun dengan wajah bengkak atau mata sembab karena menangis? Anda bisa menggunakan kopi sebagai solusi. Caranya adalah siapkan bubuk kopi 2sdm, santan 4sdm dan madu 1sdm. Campur dan oleskan pada area yang bengkak. Diamkan selama 15 menit dan bilas. Kandungan methylxanthine memiliki efek diuretik yang mengurangi edema atau lembaran bengkak karena kelebihan retensi cairan.

Punya kopi bubuk di rumah? Jangan Cuma diseduh tapi gunakan untuk perawatan kulit juga ya.


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi