5 Manfaat Jatuh Cinta untuk Kesehatan, Perlu Anda Tahu!

pasangan-suami-istri-doktersehat
Photo Credit: Tela Chhe

DokterSehat.Com – Selama ini jatuh cinta hanya dikaitkan dengan perasaan bahagia dari seseorang atau malah sedih tidak bisa menggapainya. Selain mendapatkan dua perasaan yang saling berseberangan itu, jatuh cinta juga memberikan manfaat lain yang terdiri dari:

1. Menurunkan kadar stres pada tubuh

Saat sedang jatuh cinta, hormon yang terdiri dari dopamin, vasopressin, serotonin, dan testosteron dalam tubuh akan bekerja. Hormon ini akan bekerja untuk memberikan dampak baik pada tubuh mulai dari perasaan tenang hingga perubahan mood yang berjalan membaik.

2. Mengurangi rasa cemas pada tubuh

Saat sedang jatuh cinta, tubuh akan banyak menghasilkan dopamin. Hormon ini bekerja untuk memberikan rasa optimis. Saat hormon ini bekerja, tubuh akan mendapatkan efek positif berupa perasaan optimis dan membuang perasaan cemas yang kadang mengganggu.

Jatuh cinta akan membuat seseorang jadi lebih optimis dalam kehidupannya. Mereka akan melakukan banyak hal termasuk mengejar karier untuk mendapatkan atensi dari seseorang yang mereka cintai.

3. Meningkatkan kesehatan jantung

Jatuh cinta akan menurunkan risiko terkena penyakit gangguan jantung seperti tekanan darah terlalu tinggi atau sebaliknya. Lebih lanjut, seseorang yang jarang jatuh cinta atau tidak menikah biasanya berisiko alami penyakit jantung dua kali lebih besar dan berisiko sebabkan kematian.

4. Meningkatkan imunitas pada tubuh

Seseorang yang sedang jatuh cinta cenderung berpikiran positif, lebih aktif, dan jarang mendapatkan stres. Kondisi ini menyebabkan mereka jadi lebih sehat dan daya tahan tubuhnya meningkat sehingga jarang sekali alami sakit.

5. Meningkatkan kemampuan komunikasi

Seseorang yang jatuh cinta akan berusaha melakukan komunikasi dengan baik dengan orang lain atau orang yang dia sukai. Kebiasaan ini akan membuat kemampuan komunikasinya berjalan dengan lancar seiring dengan berjalannya waktu. Mereka akan mudah berjejaring dengan banyak orang ketimbang sebelum jatuh cinta.

Nah, tidak ada salahnya untuk jatuh cinta, kan? Anda sudah jatuh cinta berapa kali selama ini?