5 Manfaat Cuka Apel Untuk Kulit Cantik Anda

Cuka-apel-doktersehat
Photo Credit: Flickr.com/Mike Mozart

DokterSehat.Com– Cuka apel dibuat dari apel organik dan melalui proses fermentasi ganda. Dalam proses ini enzim serta nutrisi lainnya terjaga dan bekerja bersama untuk menghasikan sifat terapeutik yang bermanfaat tidak hanya untuk kesehatan tubuh tapi juga untuk kulit Anda. Dilansir dari Natural Living Ideas, berikut ini beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan dengan cuka apel.

Photo Credit: Flickr.com/Mike Mozart

1. Membersihkan toksin pada wajah

Penggunaan rutin cuka apel untuk mencuci wajah dapat membantu mengeluarkan toksin dari kulit Anda. Hasilnya, Anda akan mendapatkan kulit yang bersih, berkilau dan terlihat lebih segar.

2. Melawan keriput

Mencuci muka dengan cuka sari apel yang sudah diencerkan juga akan membantu mengurangi tampilan garis-garis halus dan keriput. Anda dapat merendam kapas atau kain pada larutan cuka apel yang telah diencerkan dan usapkan pada kulit Anda. Bilas dengan air hangat dan tepuk-tepuk dengan handuk untuk mengeringkannya.

3. Menyeimbagkan kulit

Selain membersihkan minyak dari kulit, cuka apel juga akan membantu menyeimbangkan pH dan menjaga agar kulit tidak terlalu berminyak ataupun terlalu kering. Caranya adalah dengan menyeimbangkan produksi sebum.

4. Melawan jerawat

Jika Anda bermasalah dengan jerawat, cuka apel dapat membantu Anda. Bahan ini memiliki asam malat yang membuatnya ampuh sebagai anti bakteri, anti jamur dan anti virus. Sehingga, cuka apel mampu melindungi kulit dari bakteri dan mencegah terbentuknya jerawat.

5. Mengurangi bintik-bintik penuaan

Asam hidroksi alpa pada cuka apel membantu membersihkan sel-sel kulit mati. Hasilnya, jawah Anda jadi terlihat lebih segar dan cerah. Selain itu cuka apel juga mampu menyamarkan bitnik-bintik penuaan. Anda hanya perlu membasahi kapas dengan cuka apel, kemudian oleskan pada bitnik-bintik penuaan tersebut. DIamkan selama 30 menit sebelum kemudian membilasnya dengan air dingin dan tepuk-tepuk dengan handuk untuk mengeringkannya.

Alam telah menyediakan bahan terbaik untuk kesehatan tubuh dan kulit. Jadi, tidak ada salahnya untuk mencoba bahan alami seperti cuka apel untuk merawat cantiknya kulit Anda, bukan?