10 Manfaat Buncis bagi Kesehatan Anak

DokterSehat.Com – Buncis adalah salah satu jenis sayuran yang banyak mengandung vitamin dan mineral. Mengonsumsi buncis dengan takaran yang tepat akan membuat siapa saja lebih sehat khususnya pada anak-anak. Berikut manfaat buncis untuk kesehatan anak dan tumbuh kembangnya.

Manfaat Buncis untuk Anak

Manfaat buncis bagi kesehatan anak sangat melimpah, karena jenis sayuran ini menghasilkan beberapa kandungan vitamin, makronutrien, dan mineral:

1. Sumber serat

Buncis mengandung karbohidrat dan serat pangan yang cukup banyak. Mengonsumsi buncis akan membuat sistem pencernaan anak jadi lancar dan sembelit yang membuat mereka rewel tidak terjadi lagi.

Baca juga: Buncis Berfungsi Menekan Kadar Gula Darah

2. Mengandung protein tinggi

Sayur jenis kacang-kacangan seperti buncis mengandung cukup banyak protein. Nutrisi ini digunakan untuk tumbuh kembang khususnya pada jaringan otot di seluruh tubuhnya.

3. Memiliki kandungan folat

Folat yang merupakan golongan Vitamin B berperan dalam pembentukan sel darah merah. Kalau anak-anak mendapatkan asupan folat tinggi dari buncis, tubuh mereka akan lebih bugar karena darah yang membawa sari makanan bisa berjalan dengan lebih lancar.

4. Vitamin A dan C

Vitamin A pada buncis membuat anak memiliki penglihatan yang baik. Sementara itu Vitamin C bekerja sebagai daya tahan agar anak tidak mudah terkena flu, batuk, dan infeksi lainnya. Buncis juga mengandung antioksidan bermanfaat seperti flavonoid, alkaloid, katekin, dan antosianin.

5. Sumber mineral

Manfaat buncis dapat mendukung tumbuh kembang anak khususnya pada tulang dan juga gigi karena buncis mengandung mineral.

6. Lebih sedikit kalori 

Buncis segar sangat rendah kalori. Karena itu, orang yang sadar kalori tidak perlu khawatir dan bisa memakannya dalam jumlah yang baik. Buncis juga mengandung jumlah natrium, lemak jenuh dan kolesterol yang rendah.

7. Mencegah infeksi 

Sejumlah vitamin seperti Niacin dan Tiamin yang hadir dalam kacang hijau merupakan sumber nutrisi yang baik yang membantu mencegah banyak infeksi di dalam tubuh.

8. Menjaga sel dan cairan tubuh 

Kandungan kalium dalam kacang hijau membantu tubuh untuk mempertahankan produksi sel dan gerakan cairan tubuh yang lebih baik.

9. Mengontrol penyakit kardiovaskular dan tekanan darah 

Kandungan kalium dalam kacang hijau juga membantu dalam mengontrol tekanan darah dan penyakit terkait jantung lainnya.

10. Efek Vitamin A

Vitamin A ditemukan dalam buncis yang membantu dalam menyediakan antioksidan dan juga dalam menghasilkan senyawa yang mencegah proses penuaan.

Baca juga: Suka Makan Buncis? Rasakan Manfaat Sehat Ini

Efek Samping Mengonsumsi Buncis

Buncis adalah salah satu makanan dengan faktor risiko yang sangat sedikit, tetapi selalu ada hal-hal tertentu yang harus diwaspadai.

1. Phytates

Buncis mengandung asam fitat yang dapat menyebabkan defisiensi nutrisi bila dikonsumsi berlebihan. Asam fitat mengikat dengan kalsium, seng, dan mineral penting lainnya dan tidak memungkinkan mereka untuk diserap oleh tubuh.

Meskipun kadar phytate dalam buncis relatif rendah, jika Anda menderita kondisi lain yang menyebabkan kekurangan mineral, penambahan asam fitat lebih mungkin bukan pilihan terbaik untuk Anda. Juga, memasak atau merendam biji secara signifikan mengurangi jumlah asam fitat, jadi hindari memakannya mentah jika Anda khawatir tentang tingkat phytate.

2. Lektin

Lektin adalah protein pengikat karbohidrat yang ditemukan dalam berbagai makanan, tetapi terkenal hadir dalam kacang. Buncis memiliki tingkat yang lebih rendah daripada yang lain, tetapi masih ada, dan terlalu banyak lektin dapat menyebabkan protein untuk mengikat sistem usus dan menyebabkan berbagai masalah pencernaan.

Mirip dengan asam fitat, memasak pada suhu tinggi atau perendaman berkepanjangan dalam air dapat mengurangi kandungan lektin pada kebanyakan makanan.

3. Alergi

Seperti halnya makanan, beberapa orang alergi terhadap buncis dan kacang polong lainnya, jadi pastikan untuk berkonsultasi dengan dokter tentang cara mengobati alergi pada makanan.

Bagaimana cara mengolah buncis?

Cara mengolah buncis yang benar; Meski buncis bergizi, anak kadang menolak makanan yang mengandung buncis. Nah, untuk menyiasati hal ini orangtua harus pandai memasak buncis menjadi makanan yang menarik dan meningkatkan nafsu makan anak.

Selain itu, orangtua bisa menyiasati dengan menambahkan buncis di dalam makanan kesukaan anak sehingga mereka tidak sadar sudah memakannya.

Itulah 10 manfaat buncis bagi kesehatan dan efek samping yang ditimbulkan jika Anda mengonsumsinya terlalu banyak, Teman Sehat!