Terbit: 28 Februari 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Anak-anak zaman sekarang tampaknya lebih sering untuk menghabiskan waktu bersama gadget-nya dibanding bermain di luar rumah. Padahal bermain di luar rumah memiliki manfaat penting untuk perkembangan anak.

5 Manfaat Bermain di Luar Rumah Bagi Perkembangan Anak

Bermain di luar rumah memang berisiko membuat anak terpapar bakteri, namun hal ini justru dapat membuat kekebalan tubuh anak berkembang. Anak bisa mengenal berbagai zat berbahaya yang masuk ke tubuh sehingga bisa membentuk pertahanan yang lebih baik. Beberapa manfaat lain dari membolehkan anak bermain di luar rumah antara lain:

1. Meningkatkan kemampuan sosial
Mengajak anak bermain di luar rumah meningkatkan kemampuan sosial anak. Anak tidak hanya akan bertemu dengan teman sebayanya, namun juga dari berbagai usia. Saat bermain mereka akan belajar untuk antre atau bergantian bermain sesuatu.

2. Membantu pertumbuhan tulang
Bermain di luar rumah membuat anak terkena langsung sinar matahari sehingga dapat meningkatan vitamin D yang baik untuk pertumbuhan tulang anak. Bermain di luar rumah selama 10-15 menit sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan vitamin D bagi pertumbuhan tulangnya.

3. Memiliki penglihatan yang lebih baik
Sebuah penelitian dari Optomery dan Vision Science menemukan bahwa anak-anak yang banyak menghabiskan waktu di luar memiliki penglihatan yang lebih baik daripada anak yang bermain di dalam ruangan.

4. Memperbaiki mood dan mengatasi stres
Saat bermain di luar, paparan sinar matahari mengaktifkan kelenjar pineal yang mendorong otak menghasilkan serotonin yang dapat membuat suasana hati menjadi bahagia. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa aktivitas di luar ruangan dapat menurunkan hormon kortisol atau hormon stres.

5. Merangsang kreativitas
Saat anak-anak bermain di luar, mereka akan belajar untuk memanfaatkan barang-barang yang ada di sekitarnya untuk bermain. Permainan pun dapat beraneka ragam, tergantung kemampuan kognitif dan emosional anak. Anak-anak yang bermain di luar juga akan semakin kaya pemikiran bebas, penuh inisiatif, tidak takut mengambil risiko dan terampil memecahkan masalah.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi