DokterSehat.Com– Kolesterol seakan menjadi momok bagi banyak orang. Umumnya kita akan ragu untuk mengonsumsi bahan makanan yang sering disebut-sebut tinggi kolesterol. Namun sebenarnya apa saja sih makanan yang memiliki kandungan kolesterol paling tinggi?



Makanan yang tinggi kolesterol umumnya adalah makanan berprotein hewani, namun makanan berprotein hewani juga memiliki banyak manfaat untuk tubuh dengan kandungan mutu protein yang baik serat beberapa jenis vitamin mineralnya.

Untuk itu, kita perlu mengetahui bahan makanan apa saja yang memiliki kandungan kolesterol paling tinggi diantara bahan makanan lainnya.

Menurut Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia, atau LIPI, ada 5 jenis makanan tinggi kolesterol yang sebaiknya tidak dikonsumsi, utamanya untuk orang dengan kadar kolesterol tubuh yang tinggi dan penderita penyakit jantung, yaitu:

  1. Cumi-cumi, dalam 100 gram cumi-cumi, yang setara dengan 6-8 ekor cumi ukuran sedang memiliki kandungan kolesterol sebesar 1170 mg.
  2. Kuning telur ayam, seperti yang sering kita dengar bahwa kuning telur ayam memiliki kandungan kolesterol yang tinggi, 3-4 buah kuning telur ayam memiliki kandungan kolesterol sebesar 2000 mg.
  3. Otak sapi, dalam 100 gram otak sapi terdapat 2300 mg kandungan kolesterol. Pengolahannya yang kerap disajikan bersantan atau digoreng tentu meningkatkan asupan lemak dalam tubuh.
  4. Otak babi, sama-sama merupakan bagian dalam organ hewan, dalam 100 gram otak babi terdapat 3100 mg kolesterol yang termasuk sangat tinggi
  5. Telur burung puyuh, kandungan kolesterol telur puyuh paling tinggi diantara bahan makanan lainnya yaitu 3640 mg dalam 100 gramnya atau setara dengan 12-15 butir telur puyuh.

Bahan makanan di atas sebaiknya dihindari agar kadar kolesterol tubuh tidak meningkat.

Beberapa bahan makanan seperti cumi-cumi, kuning telur dan telur puyuh cukup umum kita konsumsi. JAdi jika ingin mengonsumsinya maka batasi agar tidak sampai takaran 100 gram sehingga kolesterol tubuh tidak berlebihan ya.