5 Makanan Sehat yang Harus Dipilih Bumil

doktersehat-kehamilan-hamil-sayur-makanan

DokterSehat.Com– Makanan apa yang menurut Anda paling baik untuk dikonsumsi ibu hamil? Tentu ada banyak makanan yang baik dikonsumsi bumil, namun ada 5 jenis golongan makanan yang mampu memberikan gizi secara optimal.

Umumnya makanan yang baik dikonsumsi ibu hamil adalah bahan makanan yang segar dari berbagai jenis golongan makanan yang sehat dan seimbang.

Menurut British Dietitian Association, golongan bahan makanan dan beberapa contoh bahan makanan yang baik dikonsumsi bumil adalah:

1. Bahan makanan berkarbohidrat yang bervariasi

Bumil dianjurkan untuk mengonsumsi berbagai makanan berkarbohidrat, misalnya kentang, roti, nasi atau sereal. Selain itu whole grain bisa menjadi pilihan sumber karbohidrat yang baik. Semakin beragam jenis karbohidrat yang masuk dalam tubuh ibu maka asupan zat gizi ke dalam tubuh juga semakin beragam.

2. Sayur dan buah

Buah dan sayur akan memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral bumil , sama dengan makanan berkarbohidrat, bumil dianjurkan mengonsumsi buah dan sayur dalam jumlah yang cukup dan jenis yang beragam.

3. Kacang-kacangan dan makanan hewani

Sebagai sumber protein, ibu sebaiknya memenuhi kebutuhannya melalui protein hewani dan nabati agar manfaat yang dirasakan tubuh ibu maksimal. Dalam makanan protein hewani kandungan proteinnya lebih lengkap sedangkan makanan protein nabati kaya antioksidan. Makanan berprotein yang baik dikonsumsi bumil misalnya kacang hijau, ikan, telur dan susu, usahakan selalu pilih produk berprotein yang rendah lemak.

4. Cairan

Kebutuhan minum bumil lebih dari 8 gelas sehari.  Selain air putih asupan cairan lainnya juga bisa dipilih bumil misalnya jus buah, sari buah atau teh

5. Makanan rendah lemak, rendah gula dan rendah garam

Bumil tidak dianjurkan mengonsumsi kue, roti, biskuit atau keripik yang tinggi gula, garam atau minyak.

Kelima golongan makanan diatas sama baiknya serta mengandung zat gizi yang tepat dan seimbang untuk mendukung kondisi kesehatan bumil. Jadi, jangan hanya fokus pada satu jenis makanan saja namun lengkapi kelimanya ya.