Terbit: 16 Maret 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Kehamilan dan persalinan memberi banyak perubahan bagi tubuh wanita. Salah satu perubahan yang paling sering dialami wanita adalah dengan munculnya stretch mark di beberapa bagian tubuh. Umumnya stretch mark muncul di perut, paha, dan payudara. Meski tidak berbahaya, namun stretch mark dapat membuat wanita tidak percara diri.

5 Makanan yang Dapat Mengurangi Munculnya Stretch Mark

Penyebab stretch mark

Dilansir dari laman Womens Health Mag, stretch mark disebabkan oleh meregangnya lapisan tengah kulit sehingga merusak jaringan tipis di daerah tersebut. Selain karena kehamilan, stretch mark juga dapat disebabkan karena penggunaan obat-obatan steroid, obesitas dan sering mengonsumsi makanan berkalori tinggi.

Makanan yang dapat mengurangi stretch mark

Salah satu cara yang sering dilakukan para ibu hamil untu mencegah stretch mark adalah dengan mengoleskan krim pelembab selama kehamilan. Cara ini dapat secara efektif melindungi dan melembabkan kulit sehingga lebih elastis, namun umumnya tidak dapat benar-benar mencegah stretch mark. Selain mengoleskan krim pelembap, Anda juga dapat mengurangi stretch mark dengan makan makanan alami.

Dilansir dari Mom Junction, berikut ini beberapa makanan yang dapat membantu meningkatkan kelembapan kulit dan mencegah stretch mark:

1. Jeruk
Jeruk merupakan buah yang kaya akan vitamin C yang dapat menjaga elastisitas kulit dan memperlambat penuaan. Jeruk juga dapat memperbaiki kulit dan memudarkan guratan stretch mark yang muncul.

2. Kurma
Kurma merupakan buah yang kaya akan sumber mineral yang dapat meningkatkan kadar hemoglobin dalam darah dan memperlancar aliran darah. Mengonsumsi kurma dapat mengencangkan kulit dan mengurangi stretch mark secara alami.

3. Telur
Telur merupakan salah satu makanan yang kaya protein dan asam lemak. Kandungan tersebut baik untuk menjaga kelembapan kulit, mengencangkan pori dan mampu menjaga kelembutan dan kekenyalan kulit.

4. Alpukat

Alpukat juga merupakan buah yang kaya akan antioksidan dan vitamin. Kandungan ini dapat meningkatkan porduksi kolagen dan elastin yang baik untuk kekenyalan kulit.

5. Air putih
Untuk menjaga kelembapan dan kekenyalan kulit, Anda disarankan untuk memperbanyak minum air putih. Setelah melahirkan sebaiknya Anda banyak minum air putih, selain dapat meningkatkan produksi ASI, air putih juga dapat membantu meningkatkan peredaran darah.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi