5 Makanan yang Akan Membuat Rambut Sehat

Photo Credit : www.pixabay.com

DokterSehat.Com– Rambut yang sehat dan berkilau akan membuat penampilan Anda makin menawat. Nah, perawatan rambut tidak hanya bisa dilakukan dengan menggunakan shampo dan kondisioner serta masker saja. Apa yang Anda makan juga akan mempengaruhi kondisi rambut Anda. Seperti yang dilansir dari onhealth.com, makanan berikut ini akan membantu menjaga rambut Anda tetap sehat dan berkilau.

Photo Credit : www.pixabay.com

1. Salmon

Salmon merupakan sumber protein yang baik kaya akan asam lemak omega-3 yang penting untuk kesehatan kulit kepala. Kekurangan omega-3 dapat membuat kulit kepala menjadi kering dang rambut menjadi kusam.

2. Produk Susu Rendah Lemak

Kalsium adalah mineral penting untuk pertumbuhan rambut dan dapat ditemukan di produk susu rendah lemak seperti susu skim dan yogurt. Untuk mendapatkan manfaat lebih, tambahkan walnut dalam yogurt Anda.

3. Sayuran Hijau

Jangan lupakan sayuran hijau dalam menu makanan Anda sehari-hari untuk mendapatkan rambut yang kuat dan sehat. Bayam, kale, dan sayuran hijau lainnya kaya akan vitamin A dan C yang diperlukan untuk menghasilkan sebum. Sebum pada folikel rambut berfungsi sebagai kondisioner alami rambut.

4. Kacang-kacangan

Ketika tubuh kekurangan zinc, hal ini dapat menyebabkan kerontokan rambut. Oleh karena itu, perbanyak konsumsi makanan yang kaya akan zinc seperti kacang walnut, mede, almond, dan pecan. Selain itu, kacang walnut juga mengandung asam alfa lineoleat dan asam lemak omega-3 yang berfungsi sebagai kondisioner alami rambut.

5. Telur

Jangan lupakan telur dalam menu sehat Anda. Telur adalah sumber protein, biotin dan vitamin B-12 yang penting untuk kesehatan rambut.

Itulah tadi beberapa makanan yang dapat membantu menjaga kesehatan rambut Anda. Selain merawat rambut dari luar, perhatikan pula makanan yang Anda konsumsi untuk memastikan rambut Anda selalu sehat dan berkilau.