Terbit: 22 April 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com – Saat memeriksakan kesehatan, dokter tidak hanya akan memberikan resep obat untuk ditebus dan diminum secara rutin. Mereka juga kerap memberi rekomendasi makanan atau minuman yang cocok untuk dikonsumsi guna meningkatkan kesehatan tubuh.

5 Makanan Terbaik untuk Tubuh yang Direkomendasikan oleh Dokter

Dari berbagai makanan dan minuman yang ada di luaran sana, berikut lima jenis yang cukup direkomendasikan untuk kesehatan.

1. Sesuatu yang ungu

Anda bisa mengonsumsi aneka buah dan sayur yang memiliki warna ungu seperti buah ara, anggur, bit, terong, hingga kubis ungu. Buah ini bisa dikonsumsi menjadi jus atau dimasak terlebih dahulu. Bahan yang berwarna ungu baik untuk tubuh karena mengandung antioksidan bernama anthocyanins yang bisa melawan diabetes dan kanker.

2. Telur

Konsumsi telur dengan takaran yang pas membantu Anda untuk mendapatkan protein dalam jumlah besar. Terlepas dari kadar kolesterolnya, telur cocok untuk Anda yang bermasalah dengan pertumbuhan dan pembentukan otot.

3. Tiram

Punya masalah dengan rendahnya testosteron di dalam tubuh? Konsumsilah tiram secara rutin. Tiram banyak mengandung zinc yang baik untuk memicu munculnya testosteron.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Cetaphil Promo - Advertisement

4. Oat

Oat adalah biji-bijian yang digunakan sebagai pengganti nasi. Mengonsumsi oat secara rutin akan memberi suplai serat yang banyak dan sehat. Selain itu, oat juga menurunkan kolesterol di dalam darah secara berkala.

Oat baik dikonsumsi oleh Anda yang sedang berjuang untuk menurunkan berat badan. Selanjutnya, Anda yang memiliki riwayat penyakit jantung dan diabetes juga disarankan untuk mengonsumsi oat secara rutin sebagai pengganti nasi.

5. Minyak zaitun

Minyak adalah bahan utama yang digunakan untuk memasak. Untuk membuat tubuh jadi lebih sehat dari biasanya, ganti minyak biasa dengan minyak zaitun. Kandungan lemak nabati yang sehat akan membantu tubuh untuk mendapatkan energi hingga menurunkan berat badan.

Inilah lima makanan terbaik untuk tubuh yang kerap direkomendasikan dokter seperti yang dilansir Health24. Semoga bermanfaat!


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi