Terbit: 2 Maret 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Tahukah Anda berapa kebutuhan serat tubuh kita dalam satu hari? Hmm, ternyata cukup besar yaitu 25-30 gram.

5 Daftar Makanan Sumber Karbohidrat Tinggi Serat yang Perlu Anda Konsumsi

Serat merupakan zat gizi yang bermanfaat untuk tubuh kita yaitu untuk melancarkan pencernaan, menurunkan kadar gula darah dan kolesterol. Seluruh manfat tersebut dapat kita rasakan jika asupan serat tubuh kita terpenuhi.

Pada umumnya kita memeroleh asupan serat dari bahan makanan yang kaya akan kandungan serat yaitu sayur dan buah. Namun selain melalui buah dan sayuran kebutuhan asupan serat harian kita juga dapat terpenuhi dari bahan makanan sumber karbohidrat.

Makanan sumber karbohidrat yang sering kita konsumsi umumya adalah nasi. Nasi memiliki kandungan serat 0,8 dalam 100 gram nasi (setara satu centong).

Namun ternyata ada cukup banyak bahan makanan sumber karbohidrat lain yang memiliki kandungan serat yang lebih tinggi dibandingkan nasi, beberapa diantaranya adalah:

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku RT Mandiri - Advertisement

1.Beras merah

Beras merah cukup terkenal keunggulannya dibandingkan dengan beras biasa. Dalam 100 gram nasi terdapat kandungan serat sebanyak 1,4 gram. Angka tersebutdapat kita peroleh dari satu centong beras merah.

2. Singkong

Pada 1 potong besar singkong (100 gram) terdapat 1,5 gram serat. Angka tersebut lebih tinggi 0,8 gram lebih tinggi dibandingkan dengan nasi.

3. Nasi jagung

Dibandingkan dengan nasi, nasi jagung memiliki kandungan serat 0,6 gram lebih tinggi. Pada 1 centong nasi jagung terdapat 1,3 gram kandungan serat.

4. Kentang

Kandungan serat pada 1-2 buah kentang ukuran sedang (100 gram) adalah sebesar 1,5 gram serat.

5. Bihun

Bihun memilik kandungan serat 0,2 gram lebih tinggi dibandingkan nasi. Angka tersebut dapat kita penuhi dari 10-12 sendok makan bihun atau 100 gram.

Bahan makanan tersebut selain sebagai sumber karbohidrat juga memberikan asupan serat yang lebih tinggi dibandingkan nasi putih.

Jadi dengan mengonsumsi bahan makanan tersebut, tidak hanya asupan karbohidrat yang tercukupi tapi asupan serat tubuh juga bisa terpenuhi.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi