5 Makanan Penyebab Obesitas Pada Anak

doktersehat-anak-makan-burger-junk-food

DokterSehat.Com– Masih sering memberikan cokelat atau permen pada anak sebagai “hadiah”? Mungkin kini kebiasaan tersebut harus diubah karena asupan gula yang berlebihan dari makanan manis, merupakan salah satu penyebab anak mengalami obesitas.

Obesitas pada anak telah menjadi perhatian banyak asosiasi kesehatan dunia. Ada banyak hal yang turut andil dalam penyebab anak menjadi obesitas.

Menurut studi yang dipublikasikan US National Library of Medicinie, aktivitas anak yang kini cenderung pasif merupakan salah satu faktor terjadinya obesitas pada anak. Namun, penyebab utama anak mengalami obesitas yang utama adalah pola makan yang salah.

Beberapa bahan makanan yang kerap dikonsumsi anak yang menyebabkan anak mengalami obesitas, menurut Healthline adalah:

  1. Minuman bersoda, anak tentu sangat menyukai berbagai jenis minuman manis, salah satunya adalah minuman bersoda. Seperti yang kita ketahui bahwa minuman bersoda merupakan minuman yang memiliki banyak kandungan gula buatan. Konsumsinya yang berlebihan tentu menyebabkan asupan kalori yang berlebihan pula sehingga menyebabkan obesitas.
  2. Makanan cepat saji, berbagai sajian menarik dengan rasa yang enak dilidah anak ditampilkan di makanan cepat saji. Makanan cepat saji umumnya merupakan bahan makanan yang tinggi kalori dan lemak. Selain itu porsi makanan cepat saji yang umumnya porsi besar menjadi penyebab utama anak mengalami obesitas.
  3. Cokelat dan permen,selain menyebabkan masalah gigi pada anak, kebiasaan anak mengonsumsi cokelat dan permen merupakan kebiasaan yang kurang tepat. Hampir sama dengan kedua makanan sebelumnya, asupan kalori dan gula dari makanan manis akan meningkatkan kalori dan menyebabkan anak obesitas.
  4. Makanan beku dan kalengan, makanan kalengan atau makanan beku umumnya mendapatkan tambahan bahan pangan yang menyebabkan anak mengalami peningkatan berat badan yang tidak sehat.
  5. Camilan yang asin gurih, camilan asin ini umum dipadu dengan bahan dasar karbohidrat, misalnya keripik. Camilan yang terasa asin umumnya menyebabkan anak seakan ketagihan, hal ini yang menyebabkan anak jadi kurang suka mengonsumsi camilan sehat misalnya buah.

Nah, jadi kini hindari pemberian kelima makanan di atas secara berlebihan pada anak-anak ya.