5 Makanan Ini Dapat Memperparah Batuk pada Anak

doktersehat-anak-tenggorokan-konsultasi

DokterSehat.Com– Saat si kecil terkena batuk, orang tua pasti tidak tega melihat kondisi si kecil yang tersiksa karena gangguan pernapasan tersebut. Agar kondisi anak cepat pulih, maka sebaiknya jauhkan anak-anak dari beberapa makanan yang dapat menyebabkan batuk makin parah.

Makanan penyebab batuk

Beberapa makanan ternyata dapat memperparah kondisi kesehatan anak saat batuk. Makanan tersebut antara lain:

1. Makanan manis
Beberapa makanan manis dapat menyebabkan risiko batuk semakin parah. Hal ini disebabkan oleh kandungan gula dalam makanan manis seperti permen menyebabkan terganggunya sistem kekebalan tubuh. Beberapa penelitian membuktikan bahwa anak yang mengonsumsi makanan manis akan cenderung mengalami batuk parah di malam hari.

2. Minuman dingin
Ketika kecil, Anda juga pasti pernah dilarang orang tua untuk makan es krim saat sedang batuk. Sebenarnya es krim yang dibuat dari bahan yang sehat dan diolah dengan baik tidak dapat menyebabkan batuk atau pilek. Namun, pada beberapa anak, air dingin dapat menyebabkan alergi dan iritasi yang menyebabkan batuk. Selain itu penyakit saluran pernapasan seperti radang tenggorokan juga bisa muncul karena daya tahan tubuh menurun saat udara dingin.

3. Gorengan

Mengapa gorengan dapat menyebabkan batuk bertambah parah? Salah satu penyebabnya adalah ketika makanan digoreng dengan minyak yang panas, akan terbentuk zat akrolein yang dapat menyebabkan rasa gatal di tenggorokan. Hal inilah yang menyebabkan tenggorokan gatal dan batuk.

4. Produk olahan susu

Produk olahan susu dapat menyebabkan kelenjar lendir bekerja lebih cepat sehingga dapat mengakibatkan penumpukan lendir di paru-paru dan mengakibatkan batuk berdahak. Selain itu produk susu juga mengakibatkan sesak nafas.

5. Makanan kemasan
Nah, bagi orang tua yang memiliki anak sangat menyukai makanan kemasan, sebaiknya jauhkan makanan tersebut ketika si kecil batuk. Hal ini disebabkan makanan kemasan mengandung bahan tambahan yang tidak baik bagi tubuh seperti bahan pengawet dan perasa makanan. Bahan-bahan tersebut dapat menyebabkan alergi sistem pernapasan sehingga akan memperburuk batuk si kecil.