10 Makanan untuk Diet Alami yang Bikin Langsing

doktersehat-olahraga-diet

DokterSehat.Com– Sebuah kesalahan yang begitu fatal apabila kita berusaha mengonsumsi obat langsing yang tidak diketahui apakah itu aman dan manjur khasiatnya. Padahal ada banyak makanan untuk diet yang aman dan menyehatkan.

Tidak sedikit orang yang menderita efek samping akibat penggunaan obat pelangsing yang bersifat non-herbal saat mereka mengonsumsinya.

Sebaiknya mereka lebih memilih makanan diet alami tanpa pemakaian obat pelangsing yang mempunyai efek buruk bagi kesehatan, bukannya memiliki tubuh yang diimpikan atau di harapkan justru berat badan malah semakin membengkak. Oleh karena itu, bagi yang berniat dalam menjaga tubuh langsing, perlu memerhatikan dan mempertimbangkan lagi apabila menggunakan obat ataupun racikan yang diproduksi secara pabrikasi.

Kebanyakan orang berpikir bahwa dengan melakukan olahraga secara rutin dan teratur merupakan cara yang terbaik dalam menjaga tubuh lebih ideal dan sehat, meskipun ada beberapa orang juga cenderung berpikir mengenai hal tersebut yang tergantung dari apa yang dimakan dan beberapa orang pun tidak menyadari tentang konsep pola makan sehat yang juga memengaruhi kesehatan tubuh.

Mengenai makanan untuk diet alami tanpa obat bukan hanya membantu kita bisa lebih sehat, melainkan dapat meningkatkan kekebalan tubuh serta mampu bertahan dalam pencegahan penyakit yang cukup serius. Berarti dengan menjaga kesehatan dari sekarang menjadi lebih utama dibandingkan hari sebelumnya.

Makanan diet alami yang sehat tanpa obat merupakan suguhan ide yang amat baik dan berguna dalam mencoba menghitung porsi dari makan buah-buahan serta sayuran setiap hari, sehingga bisa kita temukan tentang cara meningkatkan buah dan sayuran setiap kali makan. Jadi cara diet alami tanpa obat ini bukan hanya cukup dilakukan dengan berolahraga saja, melainkan senantiasa harus dilakukan secara beriringan dengan makanan diet yang sehat demi meningkatkan kesehatan tubuh Anda.

Makanan untuk Diet secara Alami

Berikut ini ada 5 jenis makanan untuk diet yang bisa membuat Anda tetap langsing dan bahkan bisa dijadikan makanan diet sehat untuk membantu menurunkan berat badan:

1. Apel 

Apel kaya akan kandungan serat yang baik untuk tubuh, kandungan seratnya sangat baik untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan tubuh dan mengurangi kolesterol berlebih. Makan buah apel bisa membuat Anda tetap kenyang tanpa takut gemuk, sebuah studi di jurnal Appetite mengemukakan bahwa wanita yang menambahkan tiga buah apel sebagai makanan diet pelengkapnya cenderung bisa menurunkan berat badannya daripada wanita yang menambahkan tiga kue berbahan oatmeal sebagai makanan pelengkap. Menurut Alan Aragon, seorang ahli nutrisi dan penulis Girth Control The Science of Fat Loss & Muscle Gain menyatakan bahwa tindakan mengunyah bisa mengirimkan sebuah sinyal ke tubuh kita dan membuat kita berpikir sudah makan lebih dari cukup dan mencegah lapar.

2. Kacang almon

Kacang almon atau kenari ini bisa jadi camilan sekaligus makanan diet sehat untuk Anda, sebuah temuan pada tahun 2009 di The American Journal of Clinical Nutrition menyatakan bahwa wanita yang makan kacang ini dua kali seminggu memiliki tingkat kesuksesan yang lebih tinggi untuk menjaga berat badannya tetap stabil daripada wanita yang tidak makan kacang ini. Satu ons kacang almond mengandung 165 kalori, dan juga mengandung 6 gram protein serta 3 gram serat. Kandungan gizi tersebut bisa membuat Anda merasa lebih cepat kenyang dan nafsu makan Anda bisa lebih terkontrol.

3. Salmon

Makanan laut bisa dijadikan makanan diet yang sehat, lemak yang terkandung di dalam salmon bisa membuat Anda cepat kenyang. Sebuah temuan di International Journal of Obesity menyatakan bahwa orang yang makan salmon beberapa kali dalam seminggu bisa menurunkan berat badan hingga 3 pon atau 1,5 kilogram. Salmon selain sumber protein yang bagus juga memiliki kandungan kalori yang rendah.

4. Telur

Makanan yang mudah didapat dan mudah dibuat dalam berbagai macam kreasi ini sangat cocok menjadi makanan untuk diet Anda. Kandungan protein dalam telur bisa membuat Anda tidak cepat lapar. Selain itu, temuan tahun 2008 di International Journal of Obesity menyatakan bahwa orang yang makan dua telur saat sarapan pagi selama lima hari dalam seminggu memiliki peluang 65 persen besar untuk menurunkan berat badan daripada orang yang makan roti bagel saat sarapan.

5. Buah tomat

Kandungan serat buah tomat bisa membuat orang yang mengonsumsinya merasa lebih cepat kenyang, satu gelas tomat merah yang sudah dimasak hanya mengandung 43 kalori. Berbeda dengan sejumlah makanan berserat lainnya seperti wortel, seledri, dan bayam, tomat memiliki rasa yang lebih enak dan bisa membuat Anda merasa bertenaga sepanjang hari.

6. Sayuran hijau

Sayuran hijau termasuk kale, bayam, sawi, dan beberapa sayuran lainnya. Sayuran ini memiliki beberapa kandungan yang membuat mereka sempurna sabegai makanan diet untuk menurunkan berat badan, karena rendah kalori, karbohidrat dan sarat dengan serat.

Makan sayuran hijau adalah cara yang bagus untuk meningkatkan volume makanan Anda, tanpa meningkatkan kalori. Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa makanan dan diet dengan kepadatan energi yang rendah membuat orang makan lebih sedikit kalori secara keseluruhan.

Sayuran hijau juga sangat bergizi dan sangat tinggi dalam banyak vitamin, antioksidan dan mineral, termasuk kalsium, yang telah terbukti membantu pembakaran lemak dalam beberapa penelitian.

7. Ikan tuna

Ikan tuna adalah makanan rendah kalori dan tinggi protein. Tuna adalah tkan tanpa lemak, artinya itu rendah lemak.

Tuna populer di kalangan binaragawan dan model kebugaran yang sedang diet, karena itu cara yang bagus untuk meningkatkan asupan protein sambil menjaga total kalori dan lemak rendah. Jika Anda mencoba untuk menekankan asupan protein, pastikan untuk memilih tuna segar, bukan minyak ikan.

8. Kacang

Beberapa kacang dan kacang polong lainnya bisa dijadikan makanan untuk diet dan bermanfaat untuk menurunkan berat badan. Beberapa jenis kacang ini termasuk lentil, kacang hitam, kacang merah dan beberapa kacang lainnya.

Makanan diet ini cenderung tinggi protein dan serat, merupakan dua nutrisi yang telah terbukti menyebabkan kenyang. Kacang juga cenderung mengandung beberapa pati resisten.

9. Alpukat

Alpukat adalah buah yang unik. Meskipun kebanyakan buah mengandung banyak karbohidrat, alpukat mengandung lemak yang sehat.

Alpukat sangat tinggi dalam asam oleat tak jenuh tunggal, jenis lemak yang sama ditemukan dalam minyak zaitun. Meskipun sebagian besar lemak, alpukat juga mengandung banyak air dan serat, membuatnya kurang padat energi daripada yang Anda bayangkan.

Terlebih lagi, apukat adalah makanan diet yang sempurna bila ditambahkan pada salad sayuran, karena penelitian menunjukkan bahwa lemak pada alpukat dapat meningkatkan penyerapan antioksidan karotenoid dari sayuran 2.6 hingga 15 kali lipat. Alpukat  juga mengandung banyak nutrisi penting, termasuk serat dan potassium.

10. Cabai

Cabai ternyata berguna sebagai makanan diet untuk menurunkan berat badan. Karena cabai mengandung capsaicin, suatu zat yang telah terbukti mengurangi nafsu makan dan meningkatkan pembakaran lemak dalam beberapa penelitian.

Zat tersebut bahkan dijual dalam bentuk suplemen dan bahan umum dalam banyak suplemen penurun berat badan.

Satu penelitian menunjukkan bahwa makan 1 gram cabai merah mengurangi nafsu makan dan meningkatkan pembakaran lemak pada orang yang tidak makan paprika secara teratur. Namun, tidak ada efek pada orang yang terbiasa makan makanan pedas, menunjukkan bahwa tingkat toleransi tertentu dapat membangun.

Itu dia 10 makanan diet secara alami yang perlu Anda coba untuk menurunkan berat badan. Selamat mencoba, Teman Sehat!